Pasific Pos.com
Papua Barat

Dominggus Mandacan Optimis RebuT Palu DPR Papua Barat

Manokwari, TP – Usai mendaftar 45 bakal  calon legisaltif di KPU Propinsi,  partai Nasdem optimis merebut kursi DPRD Propinsi Papua Barat dan menjamin kemenangan di lima daerah pemilihan sepropinsi Papua Barat.

“yang jelas kita belum membicarakan soal target tetapi sekarang bagaima kita verifikasi bakal calon legislatif untuk periode 2019-2014 di lima dapil yang tadi kita sudah masukan melalui proses pendaftaran dan sudah diverifikasi dan semua sudah memenuhi syarat. Dan untuk itu, langkah selanjutnya kita menunggu hasil verifikasi lanjutan terkait berkas calon,” jelas Dominggus Mandacan, Ketua DPD partai Nasdem saat dimintai keterangan oleh wartawan, Selasa (17/07).

Menanyakan soal target yang ingin dicapai oleh partai Nasdem, Dominggus Mandacan menjelaskan, “ teget kita ke depan kan sudah jelas, kita ambil palu di DPR  Papua Barat. dan untuk DPR RI juga kita targetkan untuk memperoleh minimal satu porsi,” ungkap Mandacan.

Jumlah calon yang diusung oleh Partai Nasdem sesuai berkas pencalonan berjumlah 45 calon yang terdiri dari 29 laki-laki dan 16 perempuan yang terbagi dalam 5 dapil. Dapil I berjumlah 11 calon sesuai jatah 11 kursi DPR, dapil II berjumlah 12 orang dari 12 kursi DPR, dapil III berjumlah 8 orang dari 8 delapan kursi DPR, dapil IV berjumlah 4 orang dari 4 kursi DPR, dan dapil V berjumlah 5 orang dari 5 kursi DPR Papua Barat. Selain itu, kuota keterwakilan perempuan sesuai ketentuan UU minimal 30% terpenuhi.

Sehubungan dengan kriteria berkas pencalonan, Mandacan menjelaskan, “ kita semua diminta untuk memenuhi persyaratan yang ada, kalau ada yang kurang pasti gugur tetapi ternyata semua berkas pencalonan tadi sudah lengkap. Singgung mengenai Peraturan KPU No 20 tahun 2018 berkaitan Dominggus Mandacan lebih lanjut menjelaskan, “ ya tadi kan berkas-berkas sudah dilengkapi dan di koreksi tetapi ternyata tidak ada masalah jadi kita sudah lolos,”terang Mandacan.

Menanyakan mengenai optimisme Partai, “minimal satu kursi tiap kabupaten kota. mimpi sih oke, pasti kita akan wujudkan mimpi itu, jadi kita hitung minimal 13 kursi DPR Papua Barat” jelas Mandacan. Berkaitan dengan isu pembatalan calon, Dominggus Mandacan mengatakan, “ tadi kita sudah daftar dan KPU mungkin akan mengverifikasi lebih lanjut dan kita belum tahu. Tetapi dari kita partai, dari DPW sudah mengoreksi semuanya dan berkas sudah lengkap,” terang Dominggus Mandacan. (CR – 47)