Pasific Pos.com
Papua Barat

DLH dan Bank Sampah Unipa Kembali Timbang Sampah Plastik

Manokwari, TP – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manokwari bersama Bank Sampah Unipa terus menjaring sampah plastik di Manokwari dengan menimbang dan membelinya dari masyarakat.

Pembelian secara terbuka kali ini dibuka DLH dan Bank Sampah Unipa di Lapangan Borasi, Jumat (9/3) bekerja sama dengan gereja dan mesjid.

Plt Kepala DLH Kabupaten Manokwari, Sumedi mengatakan, pembelian sampah plastik akan terus dilakukan selama tiga bulan kedepan.

“Karena kami peduli dengan kota ini. Kami yakin dengan begini, selama tiga bulan, sampah plastik di Manokwari jadi nol. Hasil pembelian sampah plastik akan dikirim ke Jawa dan sebagiannya akan diolah di Manokwari menjadi barang jadi seperti tutup galon dan lainnya,” jelas Sumedi.

Pembelian sampah plastik dilayani setiap hari, karena pihaknya sudah menyediakan beberapa titik pembelian yakni, Bank Sampah Unipa di komplek gereja Bethel Manggoapi, Amban.

“Aksi ini sampai dua bulan dan akan kita evaluasi. Untuk hasil hari ini, sebanyak 250 Kg,” jelas Sumedi.

Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia ini menambahkan, untuk program pembelian sampah plastik, Pemda Manokwari memberikan dukungan dana sebesar Rp.50 juta dengan tujuan harga beli sampah plastik bisa naik dari awalnya Rp.1000 menjadi Rp.2000.

Sumedi berharap, baik sekolah, gereja, mesjid, kantor, maupun instansi lainnya turut mendukung program Manokwari nol Sampah dengan mengumpulkan sampah plastik. [SDR-R3]