Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Distrik Heram Gelar Musrembang 2018

 

JAYAPURA, – Pemerintah Kota Jayapura melalui Distrik Heram menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di Hotel Meta Star, Distrik Heram, Selasa (6/3/18).

Musrembang 2018 ini membahas program kegiatan 2019 di kelurahan dan kampung di Distrik Heram.

Kepala Distrik Heram, Jaya Kusuma mengatakan kegiatan dimaksud terlaksana sesuai Undang-undang Nomor UU 25/2004 agar mengasilkan rencana pembangunan jangka panjang, menengah dan pendek.

Jenis kegiatan yang dilakukan dengan pembahasan tiap-tiap bidang dari kelurahan dan kampung dan distrik dan menentukan skala prioritas, yang dilaksanakan dari 19-24 Februari 2018.

“Untuk kegiatan musrembang kelurahan dan distrik dilaksanakan di kantor kelurahan masing-masing,” kata Jaya.

Jumlah usulan kegiatan dan jumlah biaya masing-masing bidang, yaitu sarana dan prasarana wilayah terpadu ada 112 kegiatan dengan biaya Rp 16.005.000.000.

Sosial budaya ada 52 kegiatan Rp 1.372.500.000, bidang ekonomi 28 kegiatan Rp 481.000.000, dan pemerintahan umum ada 36 kegiatan Rp 4.517.060.000.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, musrembang 2018 Distrik Heram ini terlaksana untuk merumuskan program kerja pembangunan yang sudah dibuat di kelurahan dan kampung.

“Program yang disusun bukan berdasarkan keinginan tapi kebutuhan masyarakat seperti air bersih, infrastruktur, dan lain-lain,” kata Benhur.

Lima program besar Pemerintah Kota Jayapura, yaitu pendidikan, kesehatan, pembedayan ekonomi, infrstruktur, dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Benhur berpesan agar program yang sudah dibuat di kelurahan dan kampung diperhatikan agar terlaksana dengan baik.

Selain itu, menginventarisir program yang dibiayai dengan dana Otsus, DAK, DAU, dana pemberdayaan distrik dan DP2K sehingga pelaksaan program berjalan dengan baik.

“Sekarang ini kita punya musrembang sudah masuk di sistem e-musrembang dan e-bajeting. Jadi, program tidak bisa lagi masuk di tengah jalan,” kata Benhur.

Kegiatan ini dihadiri ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura, serta para Kepala Kelurahan, Kepala Puskesmas serta tamu undangan.