Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Dispora Kabupaten Jayapura Gelar Pemilihan Putra Putri Kenambai Umbai

SENTANI – Sepuluh pasang putra-putri Kabupaten Jayapura, Senin (16/7/18) Pagi, mengikuti ajang pemilihan duta pariwisata 2018 yang digelar di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

Perhelatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura ini, diharapkan sebagai sarana pengembangan diri putra-putri Kenambai Umbai khususnya di bidang pariwisata dalam rangka mensukseskan iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Provinsi Papua.

“Tujuan kegiatan ini dalam rangka pembinaan generasi muda mengembangkan potensi diri. Karena ajang ini tidak saja dilihat dari penampilan pemuda-pemudi, tetapi juga moral serta karakter menjadi penilaian, ujar Sekda Kabupaten Jayapura, Drs. Yerry F. Dien, M.Si, kepada wartawan usai membuka kegiatan, Senin (16/7/18) siang.

Menurutnya, sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau Kabupaten Jayapura ini merupakan barometer untuk Provinsi Papua, dengan destinasi-destinasi (tempat tujuan) wisata yang banyak dan juga cukup membanggakan baik itu pemandangan alam yang begitu indah dan ada juga beberapa destinasi peninggalan perang dunia (PD) ke-II.

Dengan adanya arus perubahan atau globalisasi ini, kita sudah harus mempersiapkan peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM), termasuk peranan pemuda-pemudi saat ini dalam menyongsong era reformasi maupun era globalisasi yang sekarang ini sudah membludak, katanya.

Lanjut Sekda Yerry, lebih-lebih saat ini di Kabupaten Jayapura, sesuai dengan apa yang menjadi harapan dari Bupati Jayapura itu harus tetap menjaga pemuda, bahkan tetap juga menjaga kerukunan hidup umat beragama.

Maka peranan pemuda juga harus kita berdayakan. Terlebih saat ini kita sudah siap menyongsong iven PON XX. Oleh karena itu, sumberdaya manusia khususnya pemuda ini wajib kita tingkatkan kualitas sumberdaya mereka, katanya.

Untuk itu, dirinya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura dengan dibantu para pihak sponsorship, sehingga ajang pemilihan putra-putri Pariwisata Kenambai Umbai ini bisa berlangsung.

Kita berharap kepada sepuluh pasang putra-putri ini bisa menampilkan kreasi-kreasi, juga menampilkan yang terbaik dalam ajang ini. Sehingga para putra-putri ini bisa mengikuti ajang-ajang professional baik ditingkat nasional maupun internasional, harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Jayapura, Hans Monim melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemuda pada Dispora Kabupaten Jayapura, Nelson Rumbiak mengatakan ajang pemilihan putra-putri Kenambai Umbai ini diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura.

Lebih lanjut Nelson Rumbiak yang juga Ketua Panitia Pelaksana itu menyampaikan, ada sepuluh pasang putra-putri yang mengikuti ajang ini, dan akan berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 16 hingga 19 Juli 2018.

Mereka mulai masuk karantina pada hari ini (kemarin), dengan ada kegiatan pembekalan materi-materi yang disampaikan baik itu, dari pemerintah daerah maupun dari beberapa pihak luar,”terangnya.