Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Disbudpar Harap Ukiran Asli Jayapura Dipajang Di Perkantoran

Jayapura,- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Jayapura, harap ukiran asli Jayapura dipajang disetiap perkantoran yang ada di daerah itu.
“Kita berharap ukiran-ukiran asal Jayapura dipanjang diseluruh kantor yang ada di Jayapura. Hotel di daerah itu juga harus pajang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura Bernard Fingkreuw di Jayapura,baru baru ini.
Menurut Bernard, meskipun peraturan daerahnya sementara digodok namun harus diwajibkan untuk dipajang. “Kalau bisa ada peraturan awal yang dibuat untuk mewajibkan setiap kantor dan hotel panjang ukiran Jayapura,” ujarnya.
Dia mengatakan, jika tak demikian maka secara tidak langsung ukiran asli Jayapura terancam punah tapi juga mematikan para seniman terutama senima asal Jayapura. “Sampai saat ini ukiran-ukuran daerah lain yang dipajang,” ujarnya.
Ukiran lain yang dipajang itu diadobsi dan digeluti. “Kita akan kagumi budaya dan ukiran daerah lain padahal Jayapura juga punya ukiran dengan motif yang berbeda,” ujarnya.
Bernard mencotohkan, ukiran asal Kabupaten Asmat misalnya. Saat ini ukiran daerah itu terkenal dimana-mana bahkan sampai ke luar negeri.
“Ukiran itu sangat terkenal dan dipanjang diperkantoran, perumahan pejabat bahkan diareal bandara. Di Jayapura pun ukiran Asmat mendominasi,” ujarnya.
Dia menambahkan, setiap daerah punya ukiran yang berbeda.  “Masing-masing ukiran itu harus ditonjolkan,” ujarnya.