Pasific Pos.com
Papua Selatan

Dir Binmas Polda Papua Gelar Bhakti Sosial Di Rawa Biru

MERAUKE,ARAFURA,- Polda Papua melalui Dir Binmas Polda Papua menggelar kegiatan bhakti sosial di Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Rabu (28/2). Kegiatan tersebut sebagai bentuk implementasi dari program Komunikasi Aktif Membangun Peradaban Utama Nilai-Nilai Gotong Royong Aman Tentram Mandiri (KAMPUNG ATM). Selain itu, kegiatan itu juga dalam rangka mewujudkan Papua sehat dan sejahtera untuk mensukseskan pembangunan nasional.

Dir Binmas Polda Papua, Kombes Pol H Andi Heru Santo,SH,MK,MH, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan tindaklanjut dari nawacita Presiden Jokowi yang ditindaklanjuti oleh Kapolda Papua dengan melaksanakan KAMPUNG ATM, yang dititik beratkan kepada masalah pelayanan kesehatan.

“Jangan sampai kejadian di Kabupaten Asmat terjadi di kabupaten-kabupaten lain di wilayah Papua. Sehingga kami antusias sekali untuk mendatangi masyarakat perbatasan khususnya di Kampung Rawa Biru, Distrik Sota,”terangnya kepada wartawan.

Selain memberikan bingkisan, kata Dir Binmas, warga masyarakat Rawa Biru khususnya anak-anak sekolah juga diberikan sosialisasi kesehatan seperti cara mencuci tangan yang benar, serta diberikan makanan tambahan, obat cacing dan vitamin. “Mereka diberikan vitamin supaya lebih semangat mengikuti proses belajar mengajar. Mereka diberikan asupan yang memang seharusnya diberikan kepada mereka,”tukasnya.

Dalam arahannya, Dir Binmas juga meminta kepada masyarakat Kampung Rawa Biru untuk senantiasa menjaga Kamtibmas. Selain itu, masyarakat juga diharapkan bisa membantu pihak yang berwajib untuk mengawasi terkait peredaran Narkoba khususnya ganja. Pasalnya, Kampung Rawa Biru merupakan wilayah perbatasan yang cukup rentan dijadikan pintu masuk ganja dari PNG.

“Tolong kalau bapak ibu melihat, mendengar, monitor, sampaikan kepada bapak-bapak TNI dan Polri yang ada. Jangan diamankan sendiri, mungkin mereka akan melawan. Bapak ibu cukup melapor bahwa pernah melihat, pernah mendengar bahwa di daerah ini ada pernah transaksi ganja. Contohnya seperti itu,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Marwan Hamid, mengatakan atas nama masyarakat Rawa Biru pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Polda Papua yang telah membantu masyarakat dengan memberikan makanan tambahan, vitamin, bingkisan dan lain-lain. Ia berharap, kegiatan seperti ini kedepan bisa dilakukan di kampung-kampung lainnya, karena kegiatan ini sangat membantu masyarakat.