Pasific Pos.com
Papua Barat

Dinsos Diminta Perbarui Data Penerima Bantuan

Manokwari, TP – Anggota DPRD Kabupaten Manokwari, Romer Tapilatu meminta Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Manokwari memperbaharui data warga kurang mampu penerimaan bantuan.

Romer mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari banyak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat, salah satunya bantuan non tunai atau beras sejahtera (rastra) yang diperuntukan untuk masyarakat kurang mampu dan bantuan langsung tunai yang dibayarkan melalui Kantor Pos.

Romer menilai, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat kurang mampu di Manokwari, sehingga Dinsos harus bisa memaksimalkan melalui pembobotan data keluarga tidak mampu.

“Ini data kita yang kacau. Sehingga kalau kacau, ada masyarakat pra sejahtera bisa mendapatkan bantuan misalnya bantuan langsung tunai, sedangkan yang benar-benar membutuhkan justru tidak mendapatkan,” ucap Romer kepada wartawan di Kantor Bupati, Senin (5/3).

Romer merasa permasalahan yang dihadapi Pemkab Manokwari adalah masalah data, dimana pertumbuhan penduduk sangat memperngaruhi data yang ada.

Oleh sebab itu, Ia berharap, Dinsos dapat memperbaharui data para penerima bantuan dan tidak berpatokan dengan data yang diterima dari pemerintah pusat, sebab daerah yang mengetahui kondisi di lapangan.

“Pemerintah belum bisa menyediakan bantuan seperti begitu, sehingga bantuan-bantuan dari pusat harus bisa dimanfaatkan dengan memberikan data yang valid,” tandasnya.[SDR-R3]