Pasific Pos.com
Papua Selatan

Dinkes Targetkan 57.447 Anak Diimunisasi

MERAUKE,ARAFURA,- Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke akan menggelar imunisasi masal campak dan rubella pada Bulan Agustus hingga September 2018. Kegiatan ini menargatkan sebanyak 57.447 anak se Kabupaten Merauke untuk diimunisasi mulai usia sembilan bulan hingga 15 tahun.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Inge Silvia mengatakan hal ini juga didasari dari program pemerintah pusat yang menargetkan daerah luar Pulau Jawa 95 persen. “Imunisasi campak dan rubella akan dilakukan di sekolah-sekolah pada bulan Agustus, sedangkan Bulan September akan dilaksanakan di masing-masing layanan,” tuturnya di Kantor Bupati, Jumat (6/7) lalu.

Ia mengatakan, perlu dukungan semua dan kerjasama dalam mendukung dan menyukseskan program Pemkab Merauke sehingga anak terhindar dari penyakit campak dan rubella. Untuk mempersiapkan menuju imunisasi masal pada bulan Agustus dan September 2018 tersebut, pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait imunisasi masal tersebut ke sekolah-sekolah maupun masyarakat.

“Kegiatan imunisasi masal, campak dan rubella ini akan langsung turun ke sekolah-sekolah. Karena itu, kita juga sudah membuat surat ke sekolah-sekolah dan puskesmas terkait kegiatan ini karena imunisasi sangat penting bagi anak,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bila virus rubella menyerang ibu hamil akan berdampak pada bayi didalam kandungannya yaitu katarak, gagal jantung, tuli, kepala kecil bahkan sampai kematian. “Kalau target kita tidak tercapai 95 persen dikhawatirkan akan menjadi sumber penularan untuk lainnya, sehingga anak perlu dilakukan imunisasi sejak dini sehingga kekebalan tubuhnya juga dapat meningkat,” pungkasnya.