Pasific Pos.com
Pendidikan & Kesehatan

Dinkes Papua Turunkan Tim Covid-19 Ke Kawe Boven Digoel

Dinkes Papua Turunkan Tim
dr. Robby Kayame

Jayapura, – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua akan menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan Rapid Test secara massal kepada para penambang liar di Kawe, Kabupaten Boven Digoel.

“Rencana Sabtu esok, sekitar 5 anggota tim akan turun. Dari Tanah Merah mereka naik helikopter dari Tanah Merah ke Kawe, daerah pendulangan emas tradisional di situ. Mereka akan lakukan Rapid Test bagi sekitar 6 ribu warga pendulang di sana. Lokasi ini ikut menyumbang kasus Covid di Boven Digoel. Kita ingin agar wilayah Selatan Papua ini bersih. Ini atas perintah Wagub kepada kami,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Robby Kayame, SKM.M.Kes, Jumat (19/06).

Turunnya tim ini merupakan tindak lanjut dari rapat Forkopimda Mei lalu. Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal meminta agar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Herman Asaribab dan Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw menutup penambangan emas liar di Boven Digoel, Asmat, dan Pegunungan Bintang. Sebab area penambangan itu menjadi klaster penyebaran Covid di Boven Digoel.

Selain ke Boven Digoel, Dinas Kesehatan Papua juga mengirim satu tim lain ke Pegunungan Bintang untuk melakukan Rapid Test secara massal di wilayah itu. Tim juga bertugas membimbing dan mengajar para tenaga kesehatan di RSUD Oksibil dan Puskesmas di sana tentang cara penanaganan Covid sesuai protap.

Empat orang yang turun, mereka sekitar empat hari di sana. Jadi di sana sudah ada yang reaktif, tim ini juga turun untuk ambil swab dan dibawa ke Jayapura, sekalian dengan mereka yang hasilnya reaktif pada Rapid Test nanti. Jika mereka positif, kita akan siapkan tenaga kesehatan agar mereka bisa rawat di Oksibil,” katanya.

Artikel Terkait

Kasus Covid Menurun, Walkot Jayapura Perpanjang Waktu Aktifitas Warga

Fani

Jurnalis Papua Jadi Agen Perubahan Cegah Covid-19

Bams

Hotel Sahid Jadi Rumah Sakit Rujukan

Bams

Motivasi Warga Hidup sehat, Pemprov Papua Siapkan Hadiah

Bams

Pemprov Papua Izinkan Sekolah Dibuka

Bams

Ini Kedua Kalinya Perpani Papua Berikan Bantuan Kepada Pasien Terdampak Covid-19

Tiara

Kehabisan Anggaran Walikota Jayapura Hentikan Rapid Test Massal

Fani

1.253 Pasien Corona di Papua Sembuh

Bams

Kemenkum HAM Papua Mengaku Belum Ada Pegawai dan Warga Binaan Terpapar Covid-19

Tiara