Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Dinas TPH Kabupaten Jayapura Sosialisasikan Program Cetak Sawah Baru

SENTANI – Sektor pertanian masih menjadi salah satu sektor yang terus diprioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.

Pasalnya, guna mendukung pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat agar produksi gabah daerah dapat meningkat yang lebih efisien, sehingga program agrobisnis dapat terwujud guna meningkatkan pendapatan petani asli Papua.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Jayapura, Adolf Yoku, S.P., M.M., kepada wartawan saat ditemui di Bandara Sentani sebelum bertolak ke Jakarta guna mengikuti pameran Apkasi Otonomi Expo 2018, Rabu (4/7/18) pagi mengatakan, kegiatan ini bagian dari mewujudkan visi misi Jayapura Baru dan mendukung program Nawacita. Kedepan Pemkab Jayapura mampu mencukupi dan juga mendorong produksi gabah baik untuk Kabupaten Jayapura, umumnya di Papua dan Indonesia.

Jadi, program cetak sawah baru dan tanam padi ini dari dana Otonomi Khusus (Otsus) dan kegiatan ini sangat penting sekali. Karena dana Otsus ini terbatas dan petani di Kabupatan Jayapura sangat banyak maka kita bagi per petak yakni, satu keluarga itu bisa dapat satu hektar. Misalnya di Kampung Berap, kita taruh 11 hektar yang bisa untuk 11 orang atau 22 orang petani, katanya.

Adolf Yoku menyampaikan dan berharap kepada kelompok tani untuk dapat bertanggung jawab memberitahukan batas-batas kepemilikan lahan yang akan dicetak, bertanggung jawab dalam pemanfaatan penanaman cetak sawah secara terus menerus, melakukan koordinasi dengan UPTD, PPL, Babinsa dan anggota Keltan untuk per tanaman yang bekerlanjutan serta tidak mengalihfungsikan lahan yang telah dicetak.

Kepada warga agar saling memberi informasi bagi yang sudah paham dan menanyakan apabila membutuhkan informasi terkait perencanaan program cetak sawah tersebut kepada pihak terkait di kampung setempat.