Pasific Pos.com
Kota Jayapura

Dinas Tenaga Kerja Menyediakan Info Lowongan Kerja

 

JAYAPURA, – Selain melayani warga untuk membuat kartu kuning atau kartu pencari kerja (AK-1), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) juga menyediakan lowongan pekerjaan.

“Masukkan lamaran kerjanya ke disnaker, setelah itu diproses baru disalurkan surat lamarannya ke perusahaan yang membutuhkan berdasarkan permintaan perusahaan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kota Jayapura, Yosias Fonataba, di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (7/2/18).

Sebagai bursa kerja pemerintah, kata Yosias, Disnaker membantu para pencari kerja (pencaker). Mengingat jumlah pencaker setiap tahun mengalami peningkatan.

“Kami ini pasar kerja. Jumlah pencari kerja pada 2017 ada 14 ribu lebih, sekarang masih terus ada penambahan. Sekarang mencapai 15 ribu lah,” kata Yosias.

Guna mengetahui, warga yang membutuhkan pekerjaan, lanjut Yosias, setiap perusahaan diwajibkan memasukkan daftar pencaker ke Disnaker untuk diketahui.

“Kalau ada warga yang tidak punya kerja tanya sama Dinas Tenaga Kerja, asal persyaratannya lengkap. Daftar sebagai pencari kerja, kemudian Disnaker yang proses untuk kemudian disampaikan ke BUMN, BUMD atau perusahaan yang membutuhkan,” kata Yosias menambahkan.