Pasific Pos.com
Papua Barat

Dinas PTSP Sudah Keluarkan 2.229 Surat Perizinan

Manokwari, TP – Peran Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Manokwari cukup vital dalam pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Manokwari.

Pasalnya, baru dibentuk selama 6 bulan pada Juli 2017, Dinas tersebut sudah mengeluarkan ribuan surat perizinan untuk berbagai jenis usaha.

“Kita mulai berfungsi khususnya PTSP mulai bulan Juli 2017, jadi sampai dengan Desember 2017 jumlah izin yang sudah kita proses sekitar 2.229 izin. Jumlah itu secara keseluruhan,” ungkap Kepala Dinas PTSP Kabupaten Manokwari Ferry Lukas kepada wartawan di kantornya, Selasa (9/1/18).

Disebutkannya, sebanyak 2.229 perizinan yang sudah dikeluarkan Dinas PTSP itu terdiri dari 22 jenis perizinan yang selama ini baru ditangani Dinas PTSP.

“Untuk SIUP yang baru sebanyak 198, perpanjangan sebanyak 37 izin, sedangkan untuk izin gangguan yang baru sebanyak 377 dan yang diperpanjang 438 izin,” jelas Ferry Lukas memilah jenis izin yang signifikan.

Meski begitu, mantan Kepala BPPKAD Kabupaten Manokwari itu mengaku belum mengetahui angka pasti jumlah pendapatan yang diperoleh dari pengurusan perizinan karena masih direkap.

Ferry Lukas mengatakan, proses pelayanan perizinan selama tahun 2017 sampai saat ini masih secara manual, sedangkan sistem online masih terus diupayakan. “Kita sudah sampaikan ke pak bupati saat sidak bahwa Januari ini kita akan launching,” ungkap Ferry Lukas.

Menurutnya, pelayanan perizinan dengan sistem online akan sangat memudahkan masyarakat selain itu lebih transparan.

“Karena masyarakat bisa mendaftar dari rumah selain itu sistem online juga lebih transparan karena bisa dilihat di internet,” tandasnya. [SDR-R3]