Pasific Pos.com
Papua Barat

Dinas Perumahan Gelar Sosialisasi SNI dan ISO/SPM Bagi ASN

Manokwari, TP – Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi Papua Barat menggelar kegiatan sosialisasi SNI dan ISO/SPM Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, di Fujita Hotel, Rabu (4/7).

Kegiatan tersebut dibuka Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Provinsi Papua Barat, Jakonias Sawaki, dan dihadiri Kepala-kepala OPD Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman kabupaten-kota.

Pada kesempatan tersebut, dikatakan Sawaki, sebagaimana diketahui bersama, infrastruktur Perumahan di wilayah Provinsi Papua Barat antara setiap kabupaten masih sangat terbatas sehingga mengakibatkan perekonomian antara kabupaten-kota tidak berkembang secara maksimal.

Menurut Sawaki, Pemerintah Provinsi Papua Barat sampai saat ini masih terus membangun Perumahan dan kawasan pemukiman rakyat yang sesuai dengan amanah perundang-undangan yang berlaku.

Untuk memenuhi kewajiban dalam rangka pemenuhan kebutuhan Perumahan dan kawasan pemukiman yang sesuai dengan sosialisasi SNI dan ISO/SPM, maka semua pihak terkait patut bersatu untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan saat ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

“Saya yakin bahwa waktu yang dialokasikan dalam sosialisasi ini sangat singkat sehingga belum cukup bagi kita untuk memahami dan mendalami secara detail materi yang dibawakan penyaji, untuk itu komunikasi dan koordinasi harus terus dibangun agar dapat berjalan baik,” ucap Sawaki.

Lanjut dia, informasi dan regulasi tentang Perumahan dan kawasan pemukinan hari ini juga akan disampaikan, sehingga harus benar-benar didalami dan dimaknai oleh semua peserta.

“Harus banyak bertanya sebab ini sudah tempatnya, saya ajak mari kita berlajar sedikit dari banyak daripada belajar banyak dari sedikit, artinya kesempatan yang ada dimanfaatkan dengan terus bertanya dan bertanya,” tandas Sawaki.

Sementara itu, Kabid Kawasan Pemukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi Papua Barat, Johny R. N. Asmuruf mengungkapkan, kegiatan sosialisasi SNI dan ISO/SPM Bidang Perumahan dan Kawasan Pemukiman, dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) serte mekanisme penerapan pemberlakuan SNI dalam menunjang tugas pokok dan fungsi bidang Perumahan dan kawasan pemukiman.

Dengan tujuan, dikatakan Asmuruf, pertama menjaring isu actual dan permasalahan terkini terkait penerapan SNI dan ISO/SPM bidang Perumahan dan kawasan pemukiman.

Kedua, memfasilitasi Pemerintah kabupaten-kota dalam rangka pelaksanaan dan sikronisasi penerapan SNI dan ISO/SPM bidang Perumahan dan kawasan pemukiman se-Provinsi Papua Barat.

Ketiga, menyepakati langkah-langkah penerapan SNI dan ISO/SPM bidang Perumahan dan kawasan pemukiman se-Provinsi Papua Barat.

“Harapannya dengan kegiatan ini lebih member pemahaman yang luas kepada ASN di bidang Perumahan dan kawasan pemukiman se-Provinsi Papua Barat,” tandas Asmuruf. [BOM]