Pasific Pos.com
Papua Barat

Dinas Pendidikan Pengadaan Bus, Tetapi yang Didatangkan Minibus

Kaimana, TP – Bupati Kaimana, Matias Mairuma membeberkan bahwa pengadaan bus oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana, ternyata tidak sesuai spesifikasi.

Padahal, tujuan pengadaan bus untuk menjawab kebutuhan anak sekolah yang berdomisili jauh dari sekolahnya. Sayangnya, pengadaan yang seharusnya bus, tetapi diputar menjadi pengadaan minibus yang kini dalam perjalanan menuju Kaimana.

Hal ini diungkapkan Mairuma dalam ruang rapat Kantor Bupati Kaimana sembari menunjukkan handphonenya untuk para peserta rapat dari perwakilan Dinas Pendidikan, tenaga kesehatan, dan staf Distrik Etna, Selasa (6/2).

“Pengadaan bus tersebut tidak sesuai spesifikasi dan rencana pemerintah daerah. Pihak dari Dinas Pendidikan mendatangkan minibus untuk menjawab kebutuhan anak sekolah,” ungkap Bupati.

Menurutnya, Pemkab Kaimana melakukan pengadaan bus, tetapi berdasarkan data yang diterimanya, justru dilakukan pengadaan minibus.

Seyogianya, Bupati menjelaskan, kehadiran bus ini diharapkan bisa membantu anak-anak sekolah di Kabupaten Kaimana jika hujan dan cuaca tidak mendukung, sehingga bisa masuk ke dalam bus. “Makanya ada pengadaan bus, bukan minibus,” sesal Mairuma.

Atas kesalahan pengadaan ini, Bupati meminta pihak kepolisian di Kabupaten Kaimana secara serius bisa menangani persoalan ini dan melakukan penyelidikan terkait pengadaan tersebut. [CR41-R1]