Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Dinas Ketahanan Pangan dan PKK Jalin Kerjasama

Guna peningkatan Ketahanan Pangan dan Gizi Keluarga

 

SENTANI – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura menjalin kerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Jayapura di bidang Ketahanan Pangan.

Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) tentang Peningkatan Ketahanan Pangan dan Gizi Keluarga tersebut di lakukan di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura pada Selasa (20/2/18), oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura, Ir. Tasrief Thayeb, M.M., dengan Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd.

“Penandatanganan MoU kerjasama dengan PKK ini tentang Ketahanan Pangan dan Gizi Keluarga itu dilakukan mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga ke kabupaten/kota dan juga serempak dilaksanakan oleh TP-PKK Kabupaten/Kota se-Provinsi Papua,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura, Ir. Tasrief Thayeb, M.M., ketika dikonfirmasi wartawan usai penandantanganan kerjasama MoU tersebut, Selasa (20/2/18) siang.

Kerjasama tersebut, kata Tasrief, keanekaragaman ketahanan pangan itu sampai di tingkat keluarga, dengan memanfaatkan pekarangan-pekarangan ini melalui kawasan rumah pangan lestari.

Selain itu, dia berharap kerjasama itu dapat mewujudkan ketahanan pangan dan gizi keluarga guna menghasilkan sumberdaya manusia yang sehat, aktif dan produktif.

Adapun bentuk kerjasama di bidang ketahanan pangan antara PKK dengan Dinas Ketahanan Pangan, yaitu peningkatan konsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), pemanfaatan pekarangan dengan mewujudkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK, Pengembangan Pakan Lokal, melakukan promosi kampanye dan sosialisasi dalam rangka penyadaran peningkatan peran serta masyarakat dalam rangka penganekaragamanpangan, serta pendidikan dan penyuluhan konsumsi pangan B2SA.

Kemudian, memfasilitasi kelompok masyarakat dalam rangka mendukung optimalisasi pemanfaatan pekarangan dan pengembangan pangan lokal.

Senada dengan hal itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Jayapura, Ny. Magdalena Luturmas Awoitauw, S.Pd, menyampaikan kerjasama MoU itu juga dalam rangka perbaikan gizi keluarga di tingkat distrik maupun kampung.

“Sehingga gizi keluarga tersebut perlu kita tingkatkan baik ditingkat distrik dan kampung. Kami juga akan terus memonitor kegiatan-kegiatan yang dilakukan di distrik, terutama yang ada di kampung-kampung maupun kelurahan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, mendukung dengan adanya kerjasama peningkatan ketahanan pangan dan gizi keluarga yang dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Jayapura dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Jayapura.

Menurutnya, dengan kerjasama tersebut diharapkan dapat meningkatkan percepatan penganekaragaman pangan dalam rangka mewujudkan sumberdaya keluarga yang berkualitas di Provinsi Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura.