Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Dilantik Sebagai Kamabicab, Triwarno Bangga dan Berterima Kasih

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo, S.STP., M.Si., ketika dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura masa bhakti 2019-2024 oleh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Papua Kak Kristhina Luluporo Mano, di Aula SMK Negeri Pertanian Pembangunan Jayapura, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Kamis (27/4/2023).

Sentani – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Papua Kak Kristhina Luluporo Mano resmi melantik Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura periode 2019-2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan digelar di Aula SMA Negeri Pertanian Pembangunan Jayapura, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Kamis (27/4/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura Alex R. Dusay, S.H., Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, S.IK., M.H., unsur Forkompimda Kabupaten Jayapura, anggota Mabicab Kabupaten Jayapura, sejumlah Kepala OPD dan Kepala Distrik, serta pelatih maupun pembina.

Plantikan ini merupakan pergantian antar waktu (PAW) 2019-2024 karena Mathius Awoitauw telah mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati Jayapura pada 12 Desember 2022 lalu pada waktu selama menjabat Bupati Jayapura periode 2012-2017 dan 2017-2022 juga menjabat sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura.

Penjabat (Pj) Bupati Jayapura sekaligus Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura Kak Triwarno Purnomo menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Papua Kak Kristhina Luluporo Mano dan semua unsur Forkompimda, yang telah hadir dan langsung melantik dirinya sebagai Ketua Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura.

“Rasa bangga dan ucapan terima kasih khususnya kepada Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Papua, yang telah melantik kami sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura,” ucap Triwarno.

Menurutnya, pelantikan ini memberikan tugas dan tanggung jawab sebagai Ketua Mabicab untuk lebih perhatian lagi dalam hal membimbing dan membina Gerakan Pramuka di Kabupaten Jayapura.

“Terutama lebih khususnya itu pembinaan secara moril, baik itu kelembagaan, material, finansial maupun dukungan komunikasi ke gugus depan (Gudep) atau Satuan Karya, kemudian ke Kwartir Ranting dan juga secara keseluruhan di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura,”kata Triwarno.

Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Keerom ini juga berharap ada sinergi yang nyata dalam antara Gerakan Pramuka dengan Pemkab Jayapura dalam membangun, serta mewujudkan visi-misi Pemerintah Kabupaten Jayapura kedepannya.

“Maka itu, saya mohon dukungan kerjasama dan komunikasi dari semua pihak untuk kita bisa membina Gerakan Pramuka di daerah ini lebih dan terarah lagi serta berkesinambungan,” seru Kak Kamabicab Triwarno.

Lebih lanjut, kata Triwarno, Pramuka secara nyata dapat mencetak generasi muda yang cinta tanah air, berkarakter, unggul, tangguh, penuh daya inovatif dan mandiri.

Untuk itu, Triwarno meminta agar Kepala Dinas terkait memberikan dukungan secara optimal kepada gerakan pramuka. Selain itu, pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Kwarir Ranting agar bersama berjuang memberikan dukungan di daerah masing- masing.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Gerakan Pramuka Papua, Kak Kristhina Luluporo Mano dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Pramuka ini memiliki tujuan sangat mulia dan harus dikelola dengan baik dan profesional.

Salah satu unsur penting dalam Gerakan Pramuka adalah majelis pembimbing, dukungan dan fasilitasi penyelenggaraan pendidikan Kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Dijelaskan, menurut AD ART Pasal 54 ayat 6, di mana Mabicab diketuai oleh Kepala Daerah dan Majelis Pembimbing Cabang harus memiliki komitmen tinggi terhadap gerakan pramuka.

Lebih lanjut Kak Kristhina Mano mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Pj Bupati Jayapura sebagai Ketua Mabicab pada hari ini. Ia menyebut, di pundak Triwarno Purnomo dititipkan kepercayaan untuk membimbing Gerakan Pramuka di Bumi Khenambay Umbay dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

“Arahan dan bimbingan bapa Pj Bupati sebagai Kamabicab akan sangat berperan penting bagi perkembangan kepramukaan di Kabupaten Jayapura. Selain itu, kami juga berharap pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura mendapat dukungan, baik itu dari segi fasilitas dan dukungan moral,” ucap Kak Kristhina.

Usai pelantikan Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura, dilanjutkan dengan pembukaan Raimuna Cabang VIII Gerakan Pramuka Kabupaten Jayapura Tahun 2023 di Lapangan Upacara SMK Negeri Pertanian Pembangunan Jayapura, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Kamis, 27 April 2023.

 

Artikel Terkait

Triwarno Purnomo: Gerakan Pramuka Wadah Generasi Muda Membangun dan Menempa Karakter

Jems

Empat Raperda Non APBD Disetujui DPRD Kabupaten Jayapura Menjadi Perda

Jems

Triwarno Purnomo Buka Bimtek Penyusunan SKP Sesuai Permen PANRB

Jems

Anaknya Lakukan Penganiayaan, Triwarno Purnomo Minta Maaf

Jems

Tekan Inflasi, Pj Bupati Jayapura Apresiasi Kodam XVII/Cenderawasih

Jems

Kedatangan Kontingen Jamnas XI Kabupaten Jayapura Disambut Wabup Giri

Jems