Pasific Pos.com
Papua Selatan

Dikunjungi Tim BPJS SATU, ‘TNI Ini Sampaikan Layanan Yang Didapat’

Yonias saat bertemu petugas (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara jaminan kesehatan yang bertanggung jawab kepada Presiden selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta dan masyarakat terutama bagi peserta yang berada di rumah sakit. Berbagai inovasi dan juga pengembangan sistem yang dilakukan bertujuan untuk mempermudah dalam mengakses layanan informasi jelas dilakukan secara terus – menerus demi kepentingan bersama yang pastinya tidak luput dari peran BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan, maupun peserta itu sendiri.

Kini telah hadir, BPJS SATU! (BPJS Siap Membantu) yang akan berkunjung ke beberapa rumah sakit untuk mengecek status kepesertaan pasien, memberikan informasi terkait pelayanan, sampai pada penanganan keluhan pasien terkait alur pelayanan Peserta JKN-KIS. Semua itu dilakukan agar peserta JKN-KIS bisa mendapatkan informasi secara langsung tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk memperoleh informasi.

Saat ditemui Petugas BPJS SATU! bersama tim BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Jumat (07/02) di RSUD Merauke, mereka berkomitmen untuk mengunjungi peserta JKN-KIS dan mendata pasien terdaftar sesuai dengan apa yang disampaikan oleh peserta. Yonias Mohi adalah seorang anggota TNI yang tedaftar sebagai Peserta Penerima Upah (PPU) yang tengah dirawat di RSUD Merauke. Dalam pengakuannya, prajurit asal Kabupaten Yahokimo ini menceritakan pengalamannya dalam menjalani pengobatan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sampai dirawat di rumah sakit.

“Sudah dua minggu lamanya saya dirawat disini, sebelumnya saya dirawat di Batalyon selama kurang lebih dua hari. Namun belum ada tanda-tanda kesembuhan dan peningkatan yang saya rasakan, oleh sebab itu saya dirujuk ke RSUD Merauke untuk menjalani pengobatan lebih lanjut. Setibanya disini, petugas medis yang bertugas dengan sigap langsung menangani saya untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut tanpa ada biaya tambahan seperti pembelian obat-obatan dan jasa medis,”ungkapnya

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Yulisna C. Sahetapy mengatakan bahwa pihaknya bersama petugas BPJS SATU! akan mendata peserta JKN-KIS yang dirawat dirumah sakit untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kepuasan terhadap peserta dalam hal pemberian informasi secara menyeluruh. “Kehadiran BPJS SATU! ini diharapkan agar peserta tidak lagi merasa kesusahan dalam mengakses informasi tanpa harus jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk bertanya karena dapat bertanya langsung kepada petugas yang sedang mengunjungi setiap layanan di ruma sakit,” ungkapnya.

Kunjungan dan pelayanan informasi dilakukan secara menyeluruh dan terarah ke semua segmen tanpa terkecuali berhak untuk mendapatkan layanan informasi dan penanganan keluhan secara cepat dan tepat dengan memberikan solusi atas kendala yang dihadapi jika ada dan bekerjasama dengan pihak manajemen rumah sakit agar bersama-sama bersinergi dalam menjaga kualitas mutu layanan yang baik kepada peserta JKN-KIS.

Artikel Terkait

Punya JKN-KIS, Tak Perlu Kuatirkan Biaya Persalinan

Arafura News

Gelar Workshop Serentak, BPJS Kesehatan Gandeng Media Di Seluruh Indonesia

Arafura News

Sebagai Penghubung Komunikasi BPJS Kesehatan Dan Masyarakat, ‘Pers Berperan Penting’

Arafura News

Terkait Kanal Alternatif, Inovasi Terus Dilakukan

Arafura News

Pandawa, Layanan Terbaru BPJS Kesehatan

Arafura News

Gelar Meet And Greet, BPJS Kesehatan Beri Sejumlah Award

Arafura News

BPJS Kesehatan Tidak Punya Wewenang Membatalkan Kepesertaan PBI

Arafura News

dr Nevil : Peran Pemerintah Sebagai Regulator

Arafura News

BPJS Kesehatan Merauke Gelar Pertemuan TKMKB

Arafura News