Pasific Pos.com
Papua Selatan

Dikenal Dekat Dengan Masyarakat Papua, AKBP Untung Sangaji : Beta Merasa Pulang Ke Kampung Sendiri

Keakraban Kapolres Untung Sangaji saat berfoto Bersama Wilhelmus Bukopiopen, tokoh masyarakat Biak yang mendapatkan mandat dari Mananwir Besar Biak saat pelantikan (foto:iis)

MERAUKE,ARAFURA,-Suasana haru sempat mewarnai acara pelantikan Badan Pengurus Ikatan Kerukunan Keluarga Biak (IKKB) dan Ikatan Pemuda Biak (IPB) Kabupaten Merauke Periode 2020-2025 di auditorium Kantor Bupati Sabtu lalu ketika sosok AKBP Ir.Untung Sangaji, M.Hum diminta tampil memberikan sambutan. Pasalnya, pria yang saat ini ditunjuk sebagai Kapolres Merauke itu sempat menahan isak tangis ketika menyebutkan bahwa dirinya memiliki ‘mama susu’ orang Papua bahkan dengan penuh kerendahan hati sosok yang dikenal tegas itu turun dari mimbar untuk menyalami tokoh masyarakat Biak yang tengah duduk di atas podium. Alhasil, tindakan yang dilakukannya itu mendapatkan simpati dan respon positif dari masyarakat Biak hingga memberikan tepuk tangan.

Kedekatan dirinya dengan masyarakat Papua juga didukung oleh ibunya yang notabene berasal dari Raja Ampat. Tidak heran jika Untung Sangaji sangat mencintai wilayah timur termasuk Papua. Oleh sebab itu ia tidak lupa mengucapkan terima kasih karena sudah diterima dengan baik di Kabupaten Merauke. Ketika pertama kali dirinya mendengar akan ditugaskan di Merauke, ia mengaku sangat senang karena seperti berada di kampung halamannya sendiri. “Sekarang beta ada di sini dan beta merasa pulang ke kampung sendiri. Beta punya mama susu juga orang Papua, terima kasih karena sudah menerima beta dengan baik di sini,”ujarnya.

Usai Pilkada 2017 lalu dirinya juga pernah mendapatkan penghargaan dari pemerintah karena berhasil menciptakan kondisi Pilkada yang teraman dan terbaik di Aceh Utara. Hal yang sama juga ia harapkan di Kabupaten Merauke dimana Pilkada di daerah ini tidak terganggu begitu pula saat Natal dan tahun baru nanti. “Saya tidak ingin gereja-gereja saya di sini terganggu begitu pula saat perayaan tahun baru nanti,”jelasnya. Pada setiap kesempatan, dirinya tegas memperingatkan agar tidak ada yang boleh mengganggu tempat ibadah yang ada di daerah ini.

Jika ada pihak-pihak yang berani melakukan tindakan melanggar hukum dan mengganggu kenyamanan beribadah maka akan langsung berhadapan dengan dirinya. Dalam hal ini, Kapolres yang dikenal memiliki komitmen tinggi berupaya untuk selalu berada di baris terdepan demi melindungi masyarakatnya. “Berani mengganggu tempat ibadah yang ada di sini maka para penjahat itu harus berhadapan dengan saya terlebih dulu. Jadi jangan coba-coba membuat keonaran karena ini juga kampung saya dan semua yang ada adalah saudara saya,”pungkas AKBP Untung.

Artikel Terkait

Sambangi Polres Merauke, Ini Pesan Wakapolda

Arafura News

Satu Lagi Terduga Teroris Ditangkap

Arafura News

Resmikan Poskamling, Kapolres Merauke Disambut Antusias Warga

Arafura News

Kapolres: Bijak Gunakan Medsos, Jangan Lecehkan Institusi Negara

Arafura News

AKBP Untung Sangaji Sukses Latih Seorang Pendeta Membuat Kancing Batok Kelapa

Arafura News

Satu Lagi Prestasi Polres Merauke

Arafura News

Pasca Kerusuhan, Kapolres Bakal Tugaskan Polisi Jaga Area Lapas

Afrans

Kembali Pimpin Razia, Kapolres Berhasil Sita 32 Sajam Milik Napi

Afrans

Upaya Kapolres Atasi Kasus Pengeroyokan Lapas

Afrans