Pasific Pos.com
Papua Barat

Diganti, 8 Kepala Puskesmas Diingatkan Tidak Lakukan Pungli

Manokwari, TP – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas di Kabupaten Manokwari, Bupati Manokwari, Demas P. Mandacan pada tahun ini melakukan rotasi (rolling) sejumlah kepala Puskesmas.

Rotasi tahap pertama, Bupati Mandacan mengganti 8 kepala Puskesmas. Diantaranya, Puskesmas Pasir Putih, Puskesmas Prafi, Puskesmas Mobja, Puskesmas Amban, Puskesmas Nuni, Puskemas Sidey, Puskesmas Manokwari Timur dan Puskesmas Warmare.

“Sebenarnya sudah diusulkan dari tahun 2017, namun ada keterlambatan dari BKD, sehingga SK baru bisa diserahkan tahun 2018,” jelas Mandacan saat menyerahkan SK kepada 7 kepala Puskesmas di ruang kerjanya, Selasa (6/2).

Dijelaskan Bupati, pergantian kepala puskesmas yang dilakukannya semata mata untuk kepentingan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang diharapkan pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas di Kabupaten Manokwari lebih ditingkatkan.

“SK sudah dibagikan, sehingga harus melaksanakan tugas dengan baik terutama pelayanan kepada masyarakat. Masuk tepat waktu walaupun tidak ada pasien, tetapi puskesmas harus buka pelayanan,” jelas Mandacan.

Dirinya menekankan, akan terus melakukan pemantauan terhadap kinerja 8 kepala puskesmas yang baru ditunjuknya dengan melakukan inspeksi mendadak.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari ini bahkan, tidak ingin mendengar adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan ditingkat puskemas terlebih bila dilakukan oleh ke delapan kepala Puskesmas yang baru diberikan kepercayaan.

“Tolong, saya tidak mau dengar ada pungli. Pungli tidak diperbolehkan. Kalau ada yang ketahuan pungut, berarti detik itu pun kita akan ganti. Jadi kerja baik-baik. Ini berkat dari Tuhan sehingga harus kerja baik-baik. Karena melayani masyarakat sama saja melayani Tuhan,” jelas Mandacan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Manokwari, drg H. Sembiring mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas kepada masyarakat, seluruh kepala Puskesmas di Kabupaten Manokwari akan dirotasi.
“Ini kebijakan pak bupati, berikan kesempatan kepada yang lain untuk mengabdi. Saya sudah usulkan semua, tetapi yang duluan 8,” sebut Sembiring.

Sembiring menjelaskan, dari 13 puskesmas, 8 diantaranya sudah dirotasi, sedangkan 5 puskemas yakni puskesmas Wosi, puskesmas Sanggeng, puskesmas Tanah Rubuh, puskemas Masni, dan puskemas Maripi belum. [SDR-R3]