Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Di Tenggah Pandemi Covid-19, Dukcapil Waropen Tetap Berikan Pelayanan

Dukcapil Waropen
Tampak Pegawai kependudukan lengkap menggunakan APD saat memberikan pelayanan kepada warga.

Waropen- Dalam masa pandemi Covid-19, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Waropen tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat, hanya pelayanannya agak berbeda sebagaimana biasanya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Disdukcapil Estefavus Pasulu saat dibuhungi via telpon ,selasa (12/5), ia mengatakan bahwa sebagian besar pelayanan yang diberikan kepada masyarat melui Via Telepon, SMS, dan WA hal ini dilakukan agar tidak terjadi kontak langsung selain itu untuk menindaklanjuti edaran pemerintah, untuk mengurangi kontak fisik atau Social Distancing.

“Di masa pandemi corona kali ini, dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarat sebagian besar melalui via telepon,SMS, dam WA, tetapi kalau ada yang datang langsung ke kantor kita juga layani karena petugas di kantor sudah menggunakan APD, baik Masker, Penutup kepala dan Sarung tangan”.

Meskipun begitu, Dukcapil Waropen terapkan pegawai masuk kantor bergantian, hal ini dilakukan agar pelayanan dikantor jarak tetap terjaga dan pelayanan tidak putus, namun tidak mengurangi kinerja dari para PNS maupun kontrakan, sehingga waktu jam pelayanan tidak ada penguranggan.

Lanjut Pasulu menjelaskan bahwa, Stok blangko kepengurusan administrasi kependudukan seperti e-KTP, dan Kartu Keluarga tidak terlalu banyak mengalami perubahan sehingga masi aman, hal ini karena ada penurunan dari warga yang menguruus Adminduk.

“kami tetap menjalankan tugas melayani masyarakat di tengah situasi yang kurang kondusif akibat virus Corona”.

Dengan tegas mantan kepala Distrik Wapoga ini mengatakan bahwa dalam pelayanan administrasi kependudukan tidak dipungut biaya, dan ia berharap jika petugas yang melakukan pungutan segerah melapor.

Ia menambahkan bahwa, jika ada warga yang ingin mengrus adminisrasi kependudukan yang sudah mendesak itu tetap dilayani.

“kita membuka pelayanan kepada masyarakat mulai dari pagi hingga sore, namun jika ada warga yang sudah mendesak tetap kita layani biar sampai malam”.

Selain itu, untuk warga yang ingin mengurus surat-surat di Dukcapil bisa menghubungi terlebih dahulu nomor-nomor kontak melalui nomor Hotline untuk pelayanan pendaftaran penduduk, KTP,KK, Surat Pindah dan KIA di 0821 9751 8996, pelayanan pencatatan sipil akta kelahiran, kematian dan perkawinan di 0852 5506 1201, dan untuk pelayanan Legalisir Dokumen di 0821 9625 4625. Tutupnya.

Artikel Terkait

Ujicoba Lawan PON Papua, Persewar Kalah 2-1

Afrans

Persewar Lakoni Uji Coba Kedua

Afrans

Masuk Dalam Program Prioritas, Pembangunan Infrastrukur Jalan – Urfas Waren Tuntas

Afrans

MRP Lakukan Dialog Dengar Pendapat di Waropen, Dihadiri Tenaga Ahli Staf Kepresidenan Laus D. C Rumayom

Afrans

KPU Waropen Gelar Sosialiasi Tentang Kampanye dan Penerapan Protkes Pada Pilkada 2020

Afrans

Masuk Dalam Program Prioritas Pemda Waropen, Gepemkesmawar Bersumber Dari Mana?

Afrans

Hadiri Peletakan Batu Pertama, Bupati Yermias Ajak Warga Dukung Pembangunan Masjid Baiturrahman

Afrans

Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan, Jelang Pilkada Netralitas ASN di Awasi

Afrans

Persewar Jalani Laga Uji Coba Perdana

Afrans