Pasific Pos.com
Papua Selatan

Di Tengah Pandemi, SMPIT IBNU SINA Tetap Hidupkan Bulan Ramadhan

Kegiatan (G3T) yang turut dilakukan saat puasa (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Selama Bulan Ramadhan SMPIT Ibnu Sina menggelar berbagai kegiatan yang bermanfaat dan sarat dengan nilai religius meskipun masih dalam situasi pandemi Covid 19 seperti saat ini. Menurut Alif F.Kurniawan selaku kepala sekolah, kegiatan yang dilakukan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam situasi pandemi Covid 19. Jika tahun sebelumnya para siswa dan guru turun langsung berjalan kaki untuk membagikan brosur jadwal puasa dan kegiatan pesantren kilat kepada masyarakat muslim di sekitar maka berbeda dengan sekarang karena syiar Ramadhan dilakukan secara online.

Hal ini sudah dimulai sebelum bulan puasa dimana pihak sekolah meramaikan media sosial dengan memberikan ucapan selamat datang bulan puasa, baik melalui video maupun hiasan rumah. Dalam hal ini para siswa membuat tulisan ‘Marhaban Ya Ramadhan’ maupun ucapan lainnya di rumah masing-masing.

“Kita juga mendokumentasikan suasana Ramadhan di rumah dimana kita ingin menginformasikan kepada umat Islam bahwa menghidupkan Ramadhan tetap kita lakukan, meskipun ada atau tidaknya wabah. Ada pula yang menyiapkan buka puasa, tarawih dan tadarus bersama keluarga,”jelasnya kepada ARAFURA News, Jumat (8/5). Yang tidak kalah menariknya, kegiatan bertajuk Gerakan Tebar Takjil Tetangga (G3T) juga turut digelar dimana satu anak memberikan lima buah takjil untuk berbuka kepada tetangganya.

Untuk itikaf dapat dilakukan di rumah namun tetap dibarengi dengan aktifitas ibadah seperti itikaf pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu ada pula target ibadah bagi para guru, orang tua dan anak dengan menghapal Al Qur’an, membaca terjemahan Surat An Nur, khatam Qur’an, infaq dan ibadah sunnah lainnya. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut pihaknya berharap dapat mendekatkan orang tua dan anak serta menjadikan rumah selayaknya masjid sebagai tempat untuk mengisi energi positif bagi seluruh anggota keluarga.

Artikel Terkait

Empat Siswa SMPIT Ibnu Sina Dapat Beasiswa Dari BRI

Arafura News

Kombinasi Daring Dan Luring Jadi Solusi

Arafura News

SMPIT Ibnu Sina Gencar Lakukan Pengembangan

Arafura News

Guru SMPIT Ibnu Sina Gencar Berburu Ilmu

Arafura News

Tahun Ajaran Baru Ala SMPIT Ibnu Sina

Arafura News

Sambut Tahun Ajaran Baru, SMPIT Ibnu Sina Gelar Raker

Arafura News

New Normal Di Dunia Pendidikan Harus Dijalankan Secara Hati-Hati

Arafura News

Buka Pendaftaran, SMPIT Ibnu Sina Manfaatkan Fasilitas Online

Arafura News

Siswa SMPIT Ibnu Sina Belajar Lewat Google Class Room

Arafura News