Pasific Pos.com
Papua Tengah

Di Nabire Lukmen Ungguli JWW-HMS

NABIRE – KPU Kabupaten Nabire telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua tahun 2018, Selasa (3/7) kemarin. Hasil rekapitulasi perolehan suara, pasangan nomor urut 1, Lukas Enembe-Klemen Tinal (Lukmen), unggul dari pasangan nomor urut 2 John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae (JWW-HMS). Pasangan Lukmen mengantongi sebanyak 79.149 suara (56,13%) sementara Pasangan JWW-HMS mengantongi sebanyak 61.872 (43,87%).

Pantauan media ini saat pleno terbuka di Kantor KPU Nabire, kegiatan dimulai sekitar pukul 10.30 WIT. Pleno terbuka dihadiri keempat komisioner KPU Nabire, Sekretaris KPU Nabire, Panwas Kabupaten Nabire beserta jajarannya, Kapolres Nabire, PPD, para saksi pasangan calon, dan sejumlah undangan lainnya. Jalannya rapat pleno terbuka rekapitulasi, dikawal oleh aparat kepolisian Polres Nabire.

Dikatakan Ketua KPU Nabire, Nelius Agapa, ST, saat membuka rapat pleno, hari ini adalah puncak dari pesta demokrasi yang tahapannya sudah kita laksanakan sejak beberapa waktu yang lalu. Hari ini kita melakukan perhitungan atas suara yang telah diberikan oleh masyarakat kepada para pasangan calon yang menjadi pilihannya.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Nabire juga mengakui adanya sejumlah kendala yang dihadapi saat melaksanakan tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2018 ini. Namun kendala yang ada tidaklah menyurutkan semangat pihak pelaksana dan pihak-pihak terkait untuk mensukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Nabire ini. Salah satunya, walaupun pendistribusian logistik banyak kendala, dimana H-2 baru tiba di Nabire, tetapi pencoblosan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan PKPU dan UU yang mengatur.

“Hari ini tanggal 4 Juli kita menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara, dimana sebelumnya di tingkatan distrik juga telah dilakukan rekaputilasi perolehan suara,” tuturnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan perolehan suara pada masing-masing distrik. Satu per satu distrik melalui petugas PPD membacakan perolehan suara.

Berikut perolehan suara yang dirangkum media ini dari hasil rapat pleno di tingkat KPU Nabire. Distrik Makimi, Lukmen memperoleh 4.359 suara dan JWW-HMS memperoleh 2.542 suara. Distrik Teluk Kimi, Lukmen memperoleh 6.592 suara dan JWW-HMS memperoleh 4.650 suara. Distrik Dipa, Lukmen memperoleh 3.497 suara dan JWW-HMS memperoleh 3.504 suara.

Distrik Menou, Lukmen memperoleh 3.517 suara dan JWW-HMS memperoleh 2.009 suara. Distrik Moora, Lukmen memperoleh 335 suara dan JWW-HMS memperoleh 1.169 suara. Distrik Nabire, Lukmen memperoleh 37.555 suara dan JWW-HMS memperoleh 32.570 suara.

Distrik Nabire Barat, Lukmen memperoleh 7.301 suara dan JWW-HMS memperoleh 3.124 suara. Distrik Napan, Lukmen memperoleh 924 suara dan JWW-HMS memperoleh 632 suara. Distrik Siriwo, Lukmen memperoleh 4.486 suara dan JWW-HMS memperoleh 957 suara.

Distrik Teluk Umar, Lukmen memperoleh 437 suara dan JWW-HMS memperoleh 701 suara. Distrik Uwapa, Lukmen memperoleh 2.236 suara dan JWW-HMS memperoleh 2.462 suara. Distrik Wanggar, Lukmen memperoleh 2.602 suara dan JWW-HMS memperoleh 2.253 suara.

Distrik Wanggar, Lukmen memperoleh 775 suara dan JWW-HMS memperoleh 804 suara. Distrik Yaro, Lukmen memperoleh 3.127 suara dan JWW-HMS memperoleh 3.212 suara. Distrik Yaur, Lukmen memperoleh 1.406 suara dan JWW-HMS memperoleh 1.283 suara.

Saat pembacaan hasil perolehan suara untuk Distrik Moora sempat terhenti lantaran belum klopnya soal jumlah pemilih dengan DPT yang ada di daerah itu. Setelah dilakukan pengecekan ternyata didapati ada 3 pemilih yang menggunakan e-KTP dan ketiga pemilih itu tidak terdaftar di dalam DPT di TPS itu. Hal yang sama juga terjadi di Distrik Teluk Umar. Ada tambahan 13 pemilih ikut mencoblos dengan membawa e-KTP walaupun mereka tidak terdaftar di dalam DPT di TPS dimana mereka mencoblos.

Pleno terbuka rekapitulasi di tingkat KPU Nabire berjalan aman dan lancar. Rekap suara berakhir sekitar pukul 15.45 WIT. (ros)