Pasific Pos.com
Headline

Desain Unik, Istora Papua Bangkit Masuk Rekor MURI

Istora Papua Bangkit

Sentani – Venue Istora Papua Bangkit di Kampung Harapan, Sentani Kabupaten Jayapura akan didaftarkan ke Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Venue yang dibangun oleh PT PP (Persero) Tbk untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua ini, memiliki desain yang unik, karena terbuat dari struktur baja dengan bentang 80 meter.

Bangunan seperti ini belum ada di Indonesia, dan pertama di Papua. “Memang akan kita daftarkan ke MURI, karena dari bentang dome-nya yang merupakan struktur baja dengan bentang 80 meter, dan itu kami sampaikan ke MURI dan itu belum didaftarkan dan itu akan menjadi ciri khas khusus bahwasanya di Papua ada bangunan semegah ini dengan struktur baja. Sudah kita daftrakan di MURI nantinya setelah proses bangunan selesai dan pandemi Covid-19 mereda, mereka dari MURI akan datang ke venur ini,” ungkap Staf Tehnik PT PP Faris Haqul Anwar kepada pers disela-sela kunjungan kepala OPD Papua, akhir pekan kemarin.

Dia mengatakan, progres pengerjaan Istora Papua Bangkit, telah mencapai 90,07 persen dan direncanakan dalam waktu dekat sudah bisa rampung 100 persen.

Bangunan yang berdiri diatas lahan seluas 33.016 m² tersebut menghabisakan anggaran APBN senilai Rp250 miliar, serta memiliki kapasitas 3.674 kursi tribun sementara untuk acara konser mampu menampung 8.000 penonton.

Tak sampai disitu, keunggulan lain Istora Papua Bangkit yang dipastikan rampung September 2020 tersebut, memiliki luas bangunan 7.740 m² atau jauh lebih besar dibanding Istora Gelora Bung Karno dengan hanya 3.600 m².

Sementara dengan luas arena FOP 60 x 60 m, Istora Papua dapat mempertandingkan cabang olahraga seperti senam, badminton, bela diri, voli dan basket. “Bahkan untuk kegiatan publik lainnya yakni acara keagamaan maupu konser”.
“Sehingga nanti pasca PON, Istora ini bisa digunakan untuk bentuk kegiatan lainnya yang bisa mendatangkan income bagi pemda,” ucap dia.

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Alexander Kapisa berharap masyarakat bumi cenderawasih tetap optimis dengan pelaksanaan PON XX, meski saat ini terhambat dikarenakan pandemi Covid-19.

Ia pastikan seluruh proses persiapan PON, baik venue maupun hal terkait lainnya tetap berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan nanti pada September mendatang, sebagian besar venue sudah akan rampung.

“Salah satunya Istora Papua Bangkit ini rampung pada September mendatang. Juga untuk Arena Aquatic di sebelahnya. Sementara untuk Stadion Papua Bangkit sudah rampung.Jadi, jangan ada kekhawatiran sebab PON tetap akan berjalan di Papua,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Stadion Papua Bangkit Setara Stadion Sepakbola di Eropa

Bams

Relokasi Warga, Komisi IV DPRP Kunjungi Kawasan Stadion Papua Bangkit

Bams

Pemprov Segera Relokasi Warga dari Kawasan Stadion Papua Bangkit

Bams

Test Event PON, Persipura Lawan Klub Eropa di Stadion Papua Bangkit

Bams