Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Demokrat Papua Daftarkan 55 Caleg DPRP

JAYAPURA- Partai Demokrat (PD) Papua Selasa (17/7/2018) sore secara resmi menyerahkan 55 berkas Calon Anggota Legislalatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPRP) Papua ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sekretaris Umum Partai Demokrat Papua, Carolus K Bolly,SE,MM saat dihubungi PAPUA TODAY menjelaskan bahwa dari 55 Caleg Partai Demokrat untuk DPRP Papua yang didaftarkan Selasa sore tadi terdiri dari 35 Orang Caleg Pria dan 20 Orang Caleg Perempuan. Khusus untuk Caleg perempuan telah memenuhi persyaratan yang diamanatkan undang-undang.

“Tadi kita sudah daftarkan  Caleg Partai Demokrat untuk tingkat DPR Provinsi Papua sebanyak 55 orang. Terdiri dari 35 Caleg laki-laki dan 20 Caleg Perempuan. Khusus untuk Caleg  perempuan, Partai Demokrat telah memenuhi kuota sebesar 36,36 persen,”jelas Carolus Bolly.

Carolus menambahkan bahwa 55 Caleg DPR Provinsi Papua itu akan bersaing memperebutkan 55 kursi yang tersebar di tujuh (7) Daerah Pemilihan (Dapil) yakni Dapil I Meliputi Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Sarmi. Dapil II meliputi Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Supiori dan Kabupaten Waropen,

Selanjutnya Dapil III meliputi Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten  Nabire, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya. Dapil IV terdiri dari Kabupaten Puncak, Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Tolikara. Dapil V meliputi Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang dan Yalimo. Terakhir Dapil VII meliputi  Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel.

Partai Demokrat Papua mendaftarkan calegnya di hari penutupan pendaftaran, Selasa (17/7) sore. Berkas dokumen syarat pencalonan diantarkan langsung oleh para petinggi demokrat diantaranya para Wakil Ketua, Ricky Ham Pagawak, Yunus Wonda, Mustakim, dan Sekertaris, Carolus Bolly bersama jajaran pengurus DPD provinsi ke kantor KPU Papua.

Kedatangan rombongan demokrat disambut oleh empat komisioner KPU Papua yakni Melkias Kambu, Sandra Mambrasar, Diana Simbiak dan Zufri Abubakar. Tampak hadir pula pihak Bawaslu yang diwakili oleh komisioner Anugrah Pata dan Sucipto

Ditempat terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPD) Partai Demokrat Kabupaten Puncak Jaya, Yumin Wonda mengatakan bahwa pihaknya secara resmi telah mendaftarkan 35 Caleg DPRD Kabupaten Puncak Jaya pada hari Selasa (17/7/2018).
Yumin berharap dengan telah diserahkan berkas Caleg tersebut, maka seluruh Caleg Kabupaten Puncak Jaya dapat menyiapkan diri dengan baik untuk mensukseskan Pemilu Legislatif yang akan berlangsung tahun 2019 mendatang.