Pasific Pos.com
Papua Barat

Demokrat Optimis Memaksimalkan Kursi DPR Papua Barat

Manokwari, TP – “saya berpikir bahwa semua partai mengatakan pasti menang. Tetapi kami secara realitas sudah memiliki 9 kursi. Ini satu motivasi bagi kami sebagai ketua maupun semua kader dan  caleg Propinsi hari ini. Kami siap mempertahankan kursi yang sekarang ini ada tetapi yang menjadi PR bagi kami adalah meningkatkan kursi yang ada itu sebagai pimpinan yang baru di dalam Partai Demokrat,” ungkap Abdul Faris Umlati, Ketua DPD Partai Demokrat Papua Barat saat dimintai keterangan wartawan, Selasa ( 17/07).

“Tingkat propinsi sangat optimis, kami tidak muluk-muluk. Mempertahankan itu sudah sangat bagus tetapi sekali lagi kerja keras kami tetap himbau kepada semua caleg bahwa perjuangan hari ini kita sudah mulai dengan resmi mendaftarkan diri dari awal dan ke depan kita harus lebih bersemangat untuk berkarya, Jelas Umlati.

“Kerja politik sudah kami lakukan. Karena pada prinsipnya kerja politik itu yang harus kita lakukan karna kalau kita hanya berevoria, saya pikir partai Demokrat sudah ada di hati masyarakat pada umumnya. Dan juga para caleg yang ada pada hari ini juga baik dari tingkat kabupaten kota maupun propinsi secara konsisten, dan juga yang menjadi anggota DPR secara konsisten, mereka sudah turun kepada konstituen untuk membina dan menjaga basis-basis massa, terang Umlati.

Singgung mengenai optimisme partai, Abdul Faris Umlati mengatakan, “Kami juga sudah menunjukkan bahwa kami ada dan pasti kami akan merebut kursi pimpinan DPRD Papua Barat dan juga untuk kabupaten kota,” berkaitan dengan komitmen dan optimis partai, lanjut Umlatu, “Pasti. Saya yakin dan optimis pasti dari lima dapil kami punya. Satu atau dua akan keluar sebagai pemenangnya, diharapkan bisa mendapatkan dua kursi setiap dapil sehingga kami bisa memperoleh 26 kursi,  terangnya.

Berhubung  sedikit masalah teknis dalam proses pendaftaran, Abdul Faris Umlati menjelaskan “Alasannya karena data silon yang tidak sesuai. Tetapi sementara ini diIsi oleh operator. Berkasnya sudah disiapkan berjumlah 45 sesuai jumlah calon. Berkaitan dengan dua calon ini, kemarin kita coret karena kelebihan kuota. Tapi pada pada intinya kita sudah siapkan 45 calon untuk memperjuangkan apa yang hari ini kita raih, ungkapnya. “ Terkait kuota perempuan, Umlati mengaku “telah memenuhi syarat dan lebih dari 30%,” lanjut Umlatu.

Ditanya mengenai pengaruh Peraturan Komisi Pemilihan Umum ( PKPU) No 20 tahun 2018 yang berkaitan dengan bakal caleg yang harus bebas dari narkotika, Kekerasan anak, nara pidana, maupun dalam pidana, Abdul Faris Umlati menjelaskan, kami konsisten bahwa caleg kami tidak terindikasi dalam kasus korupsi, narkoba atau pun tersangka. Para caleg Demokrat semua pada baik, bersih dari PKPU no 20 tahun 2018,” jelasnya.

Singgung mengenai jumlah calon yang masih aktif yang didaftar kembali menjadi calon petahana, A. Faris Umlati menerangkan, “bahwa dari 9 orang yang menduduki kursi DPR propinsi, 7 orang mencalonkan diri kembali sementara 2 lainya tidak. Semntara yang baru mencalonkan diri juga memiliki kekuatan dan jumlah basis massa yang jelas. (CR – 47)