Pasific Pos.com
Papua Tengah

Dekopinda Wadah Penggerak Aspirasi Wujudkan Perekonomian Rakyat

NABIRE – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) sebagai wadah dari gerakan koperasi untuk membawa aspirasi gerakan koperasi serta sebagai mitra pemerintah dalam mewujudkan tatanan perekonomian rakyat serta mempunyai tugas pokok dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) koperasi, meningkatkan kerjasama antar koperasi dan dengan badan usaha lainnya.

Ketua Dekopinda Kabupaten Nabire, Madyo Prayitno, di sela-sela pembukaan pemeran produk koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BUMD dan pihak swasta di Kabupaten Nabire tahun 2018 mengatakan, koperasi mendapatkan akses dan peluang yang lebih besar dalam perekonomian rakyat serta meningkatkan peran wanita dan pemuda dalam pertumbuhan ekonomi rakyat.

Kata Madyo, Dekopinda sebagai organisasi tunggal, gerakan koperasi menyadari untuk memantapkan keberadaannya dalam memperjuangkan, menyalurkan aspirasi gerakan koperai bukanlah hal sederhana. Oleh karena itu, Dekopinda harus senantiasa memperjuangkan agar koperasi dapat maju, mandiri dan berakar dalam masyarakat untuk pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Serta, lanjut Ketua Dekopinda Madyo Prayitno, menjadi badan usaha yang sehat dan mampu berperan di semua bidang dalam upaya mewujudkan perekonomian rakyat yang kuat pada era globalisasi. “Sebagai mitra pemerintah Dekopinda juga berkewajiban untuk berperan aktif bersama-sama kekuatan sosial lainnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pameran produk koperasi dan UKM,” ujarnya.

Dekopinda ingin membantu koperasi dan UKM untuk dapat menerobos dunia usaha, guna mengatasi segala hambatan koperasi dan UKM di Papua, khususnya di Kabupaten Nabire selama ini. Penyerapan dari pameran lokal ini diharapkan bisa membantu mengangkat dan memasarkan produk yang dikelola koperasi dan UKM yang selama ini belum diketahui dan belum dikembangkan dengan baik.

“Terselenggaranya pameran koperasi dan UKM ini diharapkan sebagai mediator antara koperasi dan UKM, kepada pihak-pihak yang ingin berkerja sama dalam memasarkan hasil-hasil koperasi dan UKM di Kabupaten Nabire. Pameran ini diselenggarakan sebagai sarana promosi,” pungkasnya. (wan)