Pasific Pos.com
Papua Tengah

Daya Listrik Lebih, Mungkinkah Pemda Tambah Lampu Jalan?

NABIRE – Kini di Kabupaten Nabire sudah tidak kekurangan daya atau krisis listrik. Total daya yang kini tersedia di Nabire sebesar 33.400 KW, sementara total beban puncak sebesar 16.000 KW. Dengan kapasitas energi listrik yang tersedia ini, mungkinkah Pemda Nabire akan menambah lampu jalan untuk mempercantik wajah ibukota kabupaten di saat malam hari ?

Sumber dari pihak PLN Nabire menyebutkan, saat ini daya listrik di Nabire sudah lebih dari cukup. Saat ini total daya yang tersedia sebesar 33.400 KW. Sementara beban puncak sebesar 16.000 KW. Belum lagi, dalam waktu dekat akan ada tambahan lagi daya listrik. Dengan akan dibangunnya PLTMG2 dengan kapasitas 20 MW.

Disinggung soal kemampuan daya listrik jika akan ada penambahan lampu jalan, kata sumber PLN, energi yang tersedia cukup untuk itu. Hanya saja, realiasi untuk ada penambahan lampu jalan di sejumlah titik di dalam kota, kembali kepada keputusan pemerintah daerah setempat.

Salah seorang warga yang dimintai komentarnya terkait hal ini, berpendapat, akan menjadi cantik jika lampu-lampu jalan sudah menghiasi wajah Kota Nabire. Saat ini lampu jalan di ruas Jalan Merdeka sudah menyala, tinggal sejumlah ruas jalan protokal dalam kota lainnya yang menunggu dinyalakan oleh pemerintah daerah.

“Dulu energi listrik kurang alias kiris jadi tidak mungkin untuk menyalakan lampu jalan. Tapi jika sekarang daya listrik yang tersedia sudah berlebih, kita sebagai warga berharap Pemda bisa tambah lampu jalan agar kota kita tambah cantik dengan bertaburkan cahaya lampu,” ujarnya. (ros)