Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Dana Tak Kunjung Cair, KPU Waropen Hentikan Tahapan Pilkada

Ketua KPU Waropen, Alexsander Wopari menyerahkan berita acara penundaan pelaksaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di ruang rapat Kantor KPU, kamis (27/2020.

Sementara itu Komisioner KPU Waropen Silas Y Buinei,SP mengatakan agar Pemerintah daerah Kabupaten Waropen dapat melakukan realisasi anggaran sesuai dengan NPHD yang sudah disepakati bersama, sebab kebutuhan KPU dibekap oleh Pemda, proses ini tetap akan ditunda jika pemerintah daerah tidak merespon.

Menurutnya, sejauh ini pihak KPU telah melakukan koordinasi, surat- menyurat dan bahkan sudah dilakukan pertemuan pada tanggal 23 januari 2020 di ruang rapat sekda bersama KPU, Bawaslu dan pihak keamanan, dalam pertemuan ini pemerintah menjawab bahwa akan dicairkann pada tanggal 1 februari, namun sampai denggan saat ini belum ada realisasi anggaran tersebut.

“Kami KPU sudah melakukan koordinasi, surat menyurat dan bahkan telah dilakukan pertemuan 23 januari lalu, jawaban pemerintah bahwa akan dicairkan pada tanggal 1 februari, sampai saat ini belum ada realisasi” ujar Silas.

Seluruh kegiatan tahapan dari KPU bekapan penuh pada pemerintah kabupaten waropen, oleh sebab itu pemerintah daerah dapat menindaklanjuti proses ini, dan apabilah pemerinntah tidak merespon terhadap apa yang kami lakukan, maka proses ini akan tetap kami tunda. Tegasnya.

Sementara ditempat sama Komisioner Bawaslu Divisi penindakan dan sengketa Nikolas Imbiri,S.ST.Pi mengatakan apa yang telah diputuskan oleh KPU terkait Penundaan Tahapan pemilukada yang telah jalan, Bawaslu menghormati itu.

Sebelumnya KPU telah menyampaikan secara lisan, untuk adanya potensi penundaan ini sehingga Bawaslu Kabupaten Waropen melakukan koordinasi dengan Bawaslu Provinsi terkait dengan potensi adanya penundaan ini, dan sikap dari bawaslu pada prinsipnya menghormati keputusan KPU itu, karena pelaksana teknis Pemilukada ada pada KPU, dan bawalu sifatnya pengawasan.

Walaupun Tahapan di KPU sementara di Hentikan, namun Tahapan pada Bawaslu tetap jalan sesuai dengan prosedur mengingat saat ini bawaslu lakukan perekrutan PPN.
Kami berharap kepada pemeirntah daerah agar dapat segera menyelesaikan proses anggaran pemilukada kepada KPU Waropen . tutup Niko (af)

Artikel Terkait

Mgr.Petrus: Pilkada Untuk Cari Pemimpin, Jangan Sebabkan Perpecahan

Arafura News

Pilkada Papua, Demokrat Akhirnya Buka Pendaftaran

Bams

Tahapan Pilkada Waropen Kembali Dilanjutkan

Afrans

Jelang Pilkada, Tingkatkan Kemampuan Fisik Lewat Long March

Arafura News

Tahapan Tertunda, Bupati Waropen Temui Bawaslu dan KPU

Afrans

Theresia: Jalankan Tugas Sesuai Aturan

Arafura News

Resmi Dilantik, Anggota PPD Diminta Jaga Integritas

Arafura News

PDIP Perjuangan Papua, Akan Kerja Keras Menangkan Kandidat Yang Diusung

Bams

Fritz Edward: Bawaslu Hadir Untuk Menjaga Pemilihan Berjalan Baik

Arafura News