Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Dana Tak Kunjung Cair, KPU Waropen Hentikan Tahapan Pilkada

Ketua KPU Waropen, Alexsander Wopari menyerahkan berita acara penundaan pelaksaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di ruang rapat Kantor KPU, kamis (27/2020.

Waropen- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Waropen menunda pelaksaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Waropen Tahun 2020, lantaran belum adanya pencairan dana hibah tahap satu oleh Pemerintah Kabupaten Waropen sebesar 11 milyar.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Waropen Alexsander Wopari,S.H usai pelaksanaan rapat pleno penundaan tahapan pemilihan kepala daerah di ruang rapat kantor KPU Waropen, kamis (27/2).

Menurutnya kebutuhan terhadap anggaran saat ini sudah sangat urgen. Karena terkendala pada anggaran beberapa tahapan tahapan ini tertunda seperti pelantikan PPD dan PPK sesuai dengan jadwal, dilantik pada (29/2) untuk 11 Distrik di Waropen, tes tertulis PPS tanggal 2 maret, rekrutmen PPS di 100 kampung tanggal 3 s/d 5 maret dan verifikasi berkas calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati 24 februari s/d 23 maret.

Sebelumnya telah dilakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait dengan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang sudah disepakati bersama pada tangggal 14 oktober 2019, selanjutnya pada tanggal 26 februari 2020 KPU kembali melakukan pertemuan yang diwakili oleh asisten bidang pemerintahan dan hukum setda kabupaten waropen dengan ketua dan komisioner KPU terkait keterlambatan pencairan dana hibah.

Sesuai dengan surat Pemerintah Daerah Nomor: 900/12/Set/2020 perihal penjelasan terkait pencairan dana yang akan ditransfer ke rekening KPU paling lambat tanggal 5 maret sebesar 5 milyar, alex menegaskan bahwa jika lewat dari waktu yang itu, maka tetap akan ditunda sampai ada dana.

Artikel Terkait

Mgr.Petrus: Pilkada Untuk Cari Pemimpin, Jangan Sebabkan Perpecahan

Arafura News

Pilkada Papua, Demokrat Akhirnya Buka Pendaftaran

Bams

Tahapan Pilkada Waropen Kembali Dilanjutkan

Afrans

Jelang Pilkada, Tingkatkan Kemampuan Fisik Lewat Long March

Arafura News

Tahapan Tertunda, Bupati Waropen Temui Bawaslu dan KPU

Afrans

Theresia: Jalankan Tugas Sesuai Aturan

Arafura News

Resmi Dilantik, Anggota PPD Diminta Jaga Integritas

Arafura News

PDIP Perjuangan Papua, Akan Kerja Keras Menangkan Kandidat Yang Diusung

Bams

Fritz Edward: Bawaslu Hadir Untuk Menjaga Pemilihan Berjalan Baik

Arafura News