Pasific Pos.com
Headline

Dana Tak Ada Pilkada Biak Numfor Terancam Gagal

 

Jayapura, – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Biak Numfor tahun 2018 terancam gagal atau ditunda, menyusul belum cairnya dana pilkada dari Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Anggota KPU provinsi Papua, Tarwinto membenarkan belum adanya pencairan dana hibah untuk pelaksanaan pilkada di Kabupaten Biak Numfor. Dijelaskanya, saat ini, komisioner KPUD Biak Numfor hanya menggunakan dana sharing dari provinsi Papua untuk pelaksanaan Pilkada Papua.

“Kalau tidak salah dana yang dibutuhkan sebesar 42 miliar, tapi sampai saat ini belum direalisasikan oleh pemda setempat. Untuk operasional KPUD Biak Numfor menggunakan dana sharing untuk pilkada Papua,” kata Tarwinto di Kantor KPU Provinsi Papua, Jayapura, Selasa (9/1/2018).

Menurut Tarwinto, jika sampai dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) belum juga ada anggaran maka pilkada Biak Numfor terancam gagal atau ditunda.

“Sesuai Pasal 8 Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2018, maka pilkada di Biak Numfor akan ditunda,” ujar Tarwinto.

Hingga saat ini, kata Tarwinto, belum ada penjelasan yang diterima pihak KPUD Biak Numfor terkait kendala realisasi dana hibah pilkada. Ia pun mengaku akan segera melaporkan kondisi ini kepada KPU RI. “Kami akan melaporkan ini ke KPU RI,” ujar Tarwinto.