Pasific Pos.com
Papua Barat

Dana Kampung Bremi 2018 Untuk Bangun Sapras Masyarakat

Manokwari, TP – Dana kampung tahun anggaran 2018 di Kampung Bremi Distrik Manokwari Utara difokuskan untuk pembangunan sarana dan prasarana masyarakat kampung.

Kepala Kampung Bremi, Estevanus Salabai mengungkapkan, jumlah penduduk kampung kurang lebih 100 Kepala Keluarga (KK), dan dana dana kampung tahun 2018 yang diterima sebesar Rp. 750.000.000,-, sama nilainya dengan tahun sebelumnya.

Dana kampung tersebut, sesuai musyawarah nantinya akan digunakan untuk pembangunan rumah masyarakat bagi yang belum memiliki, kemudian untuk merehap rumah masyarakat, pembelian bibit unggul rambutan, pembuatan Sumur air bersih dan pembuatan kolam ikan air tawar.

Kepala kampung Bremi menjelaskan, program pemerintah melalui dana kampung sangat baik untuk mendukung perencanaan dan pelaksanaan pembangunannya. Dana dicairkan langsung ke Rekening Kampung, sehingga kepala kampung bersama bendahara bertanggung jawab untuk mengelolanya bersama masyarakat guna mendukung pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung.

 “Hanya saja, dana kampung tahun 2018 sampai saat ini belum cair. Seharusnya di awal tahun dana tahap awal sudah cair. Tetapi hingga saat ini belum juga cair. Menurut informasi dari hasil koordinasi dengan Pemerintah Daerah, dana belum cair karena beberapa kampung ada yang belum memberikan laporan pertanggungjawaban,” jelasnya.

Khusus di kampung Bremi, Salabai menegaskan laporan telah usai karena, peran pendamping Kampung dan pendamping distrik sangat aktif membantu perencanaan dan pelaporan. [CR-49]