Pasific Pos.com
Papua Barat

Dana Kampung Binderau Telah Direalisasikan

Manokwari, TP – Realisasi Dana Desa (Dandes) di Kampung Binderau, Distrik Manokwari Barat, Kabupaten Manokwari, Papua Barat  untuk tahun anggaran 2016 – 2017 telah terealisasi untuk menjawab kebutuhan warga kampung Binderau. Hal ini diakui Bendahara Kampung Binderau, Yairus Nuam kepada Tabura Pos di Kampung Binderau, Selasa (17/7).

“Kucuran Dandes yang diterima pada tahun 2016 sebesar Rp. 250 juta; dana ini dipergunakan untuk membangun 2 buah rumah, 2 buah MCK (Mandi Cuci Kakus) dan pagar kampung,” terang Yairus.

Sedangkan Dandes Tahun Anggaran (T.A) 2017 yang tidak dirincikan jumlahnya, dibangun 4 buah rumah, 3 MCK dan melanjutkan pagar kampung yang belum rampung, juga membangun 7 buah fondasi rumah dimana rumahnya akan dibangun setelah dana desa 2018 direalisasikan. “Pembangunan ini tentunya diperuntukkan bagi masyarakat desa yang belum memiliki rumah,” papar Yairus.

Hal ini dibenarkan oleh Dewi Nuam yang juga merupakan anak dari Kepala Kampung yang tidak bisa diwawancarai karena kesibukannya bekerja kebun. Dewi menambahkan bahwa realisasi dana harus berjalan sesuai musyawarah kampung.

Namun masih kekurangan air bersih, biasanya mereka membeli dan mendatangkan tengki untuk memenuhi kebutuhan air sehari – hari. Harga per tengkinya Rp.200 ribu, sangat mahal bagi masyarakat kampung yang berekonomi lemah. Kepala kampung sudah membuat proposal untuk membangun bak penampung kali Wosi, tapi masih butuh genset yang besar dan alat itu belum ada.

“Semoga pemerintah bisa memperhatikan kampung kami yang masih membutuhkan air bersih ini,” pungkas Dewi [CR – 48]