Pasific Pos.com
Info Papua Kabupaten Jayapura

Dalam Waktu Dekat, 17 Site BTS Bakti Kominfo Non 3T Akan Dibangun di Kabupaten Jayapura

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST bersama Regional Project Manager PT. Infrastruktur Bisnis Sejahtera, Jhon Gerga Bukit dan rekannya sedang memberikan keterangan pers di Media Center Kabupaten Jayapura, Kamis (11/08/2022) siang.

SENTANI – Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, ST mengatakan Sebanyak 17 Base Transceiver Station (BTS) Bakti Kominfo non 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) akan dibangun di Kabupaten Jayapura pada bulan ini oleh PT. Infrastruktur Bisnis Sejahtera (IBS) selaku mitra Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“ Dari sekitar 3.900 titik yang akan dibangun di Papua, Kabupaten Jayapura mengajukan sekitar 142 titik. Namun setelah dilakukan survey, maka yang layak dan pastinya untuk Kabupaten Jayapura akan dibangun sebanyak 104 titik,” kata Gustaf Griapon saat jumpa pers bersama pemenang tender pembangunan 17 BTS Bakti Kominfo non 3T di ruang Media Center, Gunung Merah Sentani, Kamis (11/08/2022) siang.

Menurutnya, saat ini bersama mitra pemerintah daerah yakni PT. IBS sedang melakukan pekerjaan pembangunan dan akan realisasi di bulan Agustus ini sebanyak 17 site dengan fokus di sejumlah distrik yakni, Distrik Airu, Distrik Kaureh, Distrik Yapsi, Distrik Gresi Selatan, Distrik Unurum Guay, Distrik Demta, Distrik Depapre, Distrik Ravenirara, dan Distrik Yokari

Dirinya menerangkan, 17 site ini adalah tahap pertama, nanti setelah ada nota pembangunan maka dari Bakti Kominfo akan ada tambahan lagi. Sementara 17 yang siap dikerjakan ini terbagi, Distrik Airu 4 kampung yaitu, Kampung Aurina, Kampung Muara Nawa, Kampung Pagai, dan Kampung.

Kemudian di Distrik Gresi Selatan Kampung Bangai, Distrik Unurum Guay Kampung Nandalsi dan Kampung Santosa, Distrik Yokari Kampung Meukisi, Distrik Kaureh Kampung Lapua, Kampung Sebum, Kampung Soskotek, Distrik Yapsi Kampung Bumi Sahaja, Kampung Kwarja, Kampung Nawa Mukti, Kampung Tabeyam, dan Kampung Nawa Mulya.

“17 ini akan ditambah lagi dari Bakti Kominfo. Sedangkan dari Telkomsel sendiri sudah jalan ada 21 site tapi yang baru terbanguan di Distrik Waibu Kampung Doyo Lama, Distrik Demta Kampung Muaib, Distrik Unurm Guay kampung Guryat dan Kampung Santosa. Sementara lagi dikerjakan ini kampung Guryat. Satu lagi di Tablanusu sudah selesai dibangun tinggal peresmian dan on air,” jelas Griapon

Ditempat yang sama, Regional Project Manager PT. Infrastruktur Bisnis Sejahtera, Jhon Gerga Bukit selaku mitra Pemerintah Kabupaten Jayapura ini menandaskan, pembangunan 17 site BTS Bakti Kominfo non 3T dilaksanakan di Bulan Agustus. Tekhnisnya atau templatnya mulai dikerjakan pada tanggal 13 Agustus.

“Nanti dua atau tiga hari, kami akan angkut material dari Jayapura ke masing-masing lokasi yang tadi disebutkan. Target penyelesaian kita dalam kurung waktu satu bulan. Selanjutnya bisa on air, dengan demikian masyarakat bisa menggunakan BTS 4G sebagai saran untuk berkomunikasi.

Dirinya menambahkan, untuk mempercepat pekerjaan dengan alokasi waktu yang ada maka pihaknya telah membagi dalam 10 tim. Artinya, di alokasi wakti 1 bulan pihaknya bisa membangun 10 titik. Dengan demikian, maka 17 site yang menjadi tanggungjawab PT. IBS tentu akan dibangun dalam waktu yang tidak terlalu lama

 

Artikel Terkait

Dihadapan Ratusan Mahasiswa STMIK Umel Mandiri, Gustaf Griapon Berikan Kuliah Umum

Jems

Fakultas Teknik Uniyap Lakukan MoU dengan Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura

Jems

Gustaf Griapon Presentasi Kegiatan KMAN VI di Uniyap dan STMIK Umel Mandiri

Jems

Kabupaten Jayapura Dinyatakan Lolos Dalam Gerakan Menuju Kota Cerdas Tahun 2023

Jems

Wujudkan DMMD, SPBE dan Smart City PT. Telkom Papua Kolaborasi Dengan Diskominfo

Jems

Kominfo Jalin Kerjasama Pembangunan Tower Telekomunikasi di Kampung Guryad

Jems

Teken MoU Dengan Yayasan Internet Indonesia, Gustaf Griapon: Untuk Pengembangan Internet Kampung di Kabupaten Jayapura

Jems