Pasific Pos.com
Papua Barat

Cuaca Tak Menentu, Forecaster BMKG Himbau Warga Agar Tetap Waspada

Manokwri TP, – Menurut Forecaster Badan Metereologi Klimatologi Dan Geofisika,Lisa Joshepa mengatakan bahwa perkiraan cuaca Manokwari untuk 3 hari kedepan secara umum berawan dengan potensi hujan ringan di siang, malam hingga dini hari.

Ia menambahkan jika arah kecepatan angin secara umum bertiup dari arah timur hingga selatan.  dengan kecepatan 3 sampai 15 knots, atau 6 sampai 30 km/jam. tinggi gelombang rata-rata di kabupaten Manokwari berkisar antara 0,1 sampai 1 meter dan tinggi gelombang maksimum dapat mencapai 1,25 meter. untuk suhu udara perairan di kabupaten manokwari berkisar antara 24 sampai 32 derajat celcius. untuk kelembapan mencapai 70 sampai 95 persen. arah angin bertiup dari arah selatan.

Menurutnya cuaca  untuk bulan juli yang berpotensi menimbulkan bencana kemungkinan sangat kecil karena memasuki panca robah. “kalau kemarin itu terdapat hujan dan angin kencang, itu mungkin karena terdapat siklon tropis di samudra pasifik, ungkapnya”. lanjut Lisa, mengatakan jika di papua barat sendiri mendapat dampak dari siklon tersebut. berdasarkan kejadian itu dampak yang di timbulkan seperti angin kencang disertai angin lebat.

lisa menambahkan ada peringatan dini potensi hujan lebat berpeluang terjadi di Tanah Rubuh, daratan isim, anggi, cautubouw, ransiki dan moskonauw timur.  ia menambahkan bahwa dihimbau untuk daerah Papua barat agar waspada kecepatan angin maksimum yang mencapai diatas 20 knots, yang berpeluang terjadi di kaimana, fak-fak, inanwatan, timinambuan, misoul, dan wesai.

Ia berharap agar warga tetap waspada terhadap keadaan cuaca yang saat ini tidak menentu untuk 3 hari kedepan. “kalau perkiraan cuaca di bulan juni, juli, agustus, september itu lebih banyak kering dari pada basah, mungkin nanti yang agak rawan ketika memasuki bulan November, desember, hingga mei lebih banyak basah dari pada kering, Namun warga harus tetap waspada, Tutup Lisa saat di temui Tabura pos diKantornya,Rabu (11/8/18). (CR-45)