Pasific Pos.com
Papua Tengah

Ciptakan Dogiyai Aman, Bupati Dumupa Perintahkan Pol PP Berantas Pesoskat

DOGIYAI – Beberapa waktu yang lalu Bupati Kabupaten Dogiyai, Turun Lapangan (Turlap ) memantau langsung ke tempat kegiatan perjudian, seperti, bilyar dan game Togel dan tempat yang digunakan untuk kegiatan yang masuk bagian dari Penyakit Sosial Masyarakat (Pesoskat) guna menciptakan Dogiyai aman.

Bupati Dumupa, sendiri kabarnya ketemu langsung pemilik dan memberitahukan. “Saya Bupati Dogiyai datang sendiri menyampaikan untuk tidak dilakukan kegiatan seperti itu, bahkan meminta untuk ditutup,” seraya menyampaikan, warga Dogiyai mesti cari makan dengan cara berkebun atau beternak. Mencari makan dengan cara yang halal. Agama manapun melarang orang cari makan dengan cara seperti ini.

Sebuah rumah tua , yang tidak berpenghuni juga tak luput perhatian Bupati Dogiyai, Yakobus Dumupa, SIP. Pimpinan atau Kasat Pol PP dan anak buahnya langsung membongkar rumah tersebut. Selain itu, Bupati Dumupa berjalan kaki bersama anggota Satpol PP berkeliling Pasar Moanemani.

Pada saat itu, rombongan bupati ini menangkap beberapa orang anak yang diduga isap aibon dan membawa mereka ke kantor Satpol PP Setda Dogiyai selanjutnya dinasehati dan dipulangkan.

Daerah Kamu dulu sangat baik, kata Bupati Dogiyai, setelah mulai banyak orang dan semakin ramai, namun disegi lain semakin rusak kehidupan masyarakat dengan berbagai Pekat dan judi.

Bupati sebut, pada jaman Distrik Simon Amalo, BA, begitu bagus dan aman. Lebih parah lagi ketika tempat-tempat sakral dan keramat telah dibongkar. “Segala sesuatu dipandang sudah rapuh, rusak pandangan mata kita sekarang. Bila dibiarkan maka Dogiyai bisa menjadi sebuah bencana bagi kehidupan manusia. Semua ini harus ditertibkan sebelum terjadi dan Dogiyai kedepan harus ada perubahan,” katanya.(don)