Pasific Pos.com
Headline

Cek Kondisi Warganya di Wamena, Wagub Sumbar: Masyarakat Tak Ingin Pulang ke Padang

Jayapura,- Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar) Nasrul Abit berkunjung ke ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, untuk memastikan kondisi masyarakatnya paska kerusuhan, 23 September 2019 lalu.

Sebelumnya ke Wamana, Wagub Nasrul Abit bersama tim mengunjungi perantau dari tanah Minang di Sentani, Di Wamena Nasrul juga bertemu warganya yang masih berada di tenda-tenda pengungsian, untuk memastikan kondisi mereka. Meski kondisi di Wamena mulai kondusif, namun trauma disebut masih tersisa bagi para perantau. ada yang warga disebut ingin tinggal di bumi Cenderawasih.

Kepada wartawan usai bertemua dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama Forkompimda di Gedung Negara Dok V Jayapura, Minggu malam, Wagub Nasrul menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan pihak TNI/Polri yang sudah memberikan jaminan keamanan kepada warga masyakata pendatang di Wamena.

Ia mengatakan, kedatangannya ke Papua, terkait informasi yang simpang siur terkait kondisi warganya di Wamena. Sehingga dirinya diutus oleh bapak Guberur untuk datang ke Papua untuk melihat kondisi yang sebenarnya.

“saya sudah Wamena, warga Minang disana 981 orang, 672 masih berada di Papua dan 300 lebih itu sudah mengungusi, kami tidak atau atau masih di Papua atau sudah pulang ke Minang,” ujarnya.

Dikatakan, dalam perbincangannya dengan warga Minang di Wamena, mereka juga tidak ingin pulang karena kalau pulang pun mereka mau kerja apa. “tujuan saya ke Papua untuk memberikan pemahaman dan ingin melihat kondisi sebenarnya dan ternaytaa masyaakat Minang itu tidak semua ingin pulang, mereka bilang sudah lahir dan besar di Papua jadi, ingin tetap tinggal di Papua,”bebernya.

Nasrul menambahkan, Bupati Jayawijaya juga tak ingin warga pendatang semua pulang kampung, karena perekonomiam di kota Wamena juga dukung oleh warga pendatang. “Pak Gubernur Enembe sudah sampaikan kita ini adalah NKRI, jadi siapapun boleh tinggal di Papua dan jangan kita percaya dengan berita-berita hoaks,” ucapnya.

Pada kemempatan itu, Wagub Nasrul menitipkan warganya kepada Gubernur Papua. “saya titipkan warga saya kepada Pak Gubernur, hubungan baik yang sudah berjalan selama ini antara Papua dan Sumatera Barat tetap kita jaga,” pungkasnya.