Pasific Pos.com
Papua Selatan

Cegah Narkoba, Pengawasan Diperketat

MERAUKE,ARAFURA,- Upaya untuk mencegah peredaran Narkoba terus dilakukan Jajaran Polres Merauke melalui Satuan Narkoba. Selain patroli dan bekerjasama dengan instansi terkait, upaya yang juga terus dilakukan adalah meningkatkan pengawasan di pintu-pintu masuk seperti Bandara dan pelabuhan laut.

“Kita tetap berusaha melakukan patroli, bekerjsama dengan satuan fungsi di kepolisian termasuk bekerjasama dengan stake holder,”ujar Kasat Narkoba Polres Merauke, AKP Subur Hartono, ketika dikonfirmasi di Jalan Yobar I Merauke, belum lama ini.

Selain itu, Ia juga menghimbau kepada masyarakat tentang bahaya Narkoba dan bersama-sama waspada Narkoba. “Selain kita berantas Minuman Keras (Miras), kita juga (konsen) kepada Narkoba yang kira-kira masuk melalui kapal laut,”ujarnya.

Selama ini, menurutnya untuk pemasukan Narkoba lewat laut belum ditemukan, sedangkan yang sudah ditangkap selama ini dikirim lewat jalur udara dengan menggunakan jasa ekspedisi. Termasuk ada juga yang dibawa sendiri dan setelah sampai Merauke ‘barang haram’ itu diedarkan.

Ada juga, katanya, begitu barang masuk Merauke selanjutnya dikirim ke kabupaten-kabupaten baru. Kemudian, selain sabu ada juga ganja yang perlu diwaspadai dan itu sebagian besar masuk lewat jalur darat dari perbatasan RI-PNG.
“Kalau ganja, itu dari perbatasan PNG. Itu sudah dari dulu, termasuk di Wutung juga semua dari perbatasan. Makanya, rekan-rekan kami di Polsek kalau bisa ikut membantu informasinya,”tukasnya.

Kepada masyarakat, Ia berharap jangan ada lagi yang terlibat dengan Narkoba. Karena Narkoba itu termasuk pembunuh nomor satu di Indonesia dan Indonesia juga sudah masuk dalam segi tiga peredaran Narkoba. “2018 semester pertama, kita sudah tujuh kasus. Enam kasus sudah P21 dan satu kasus kita masih koordinasi, masih ada kekurangan di berkas yang perlu kita tambahkan,”ujarnya.