Pasific Pos.com
Papua Selatan

Cegah Corona, SMPIT Ibnu Sina Beri Edukasi Sejak Dini

SMPIT Ibnu Sina cegah corona
Kepala Sekolah SMPIT Ibnu Sina, Alif Friendy Kurniawan (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Sekolah SMPIT Ibnu Sina, Alif Friendy Kurniawan mengemukakan bahwa dalam menyikapi merebaknya virus corona di sejumlah kota di wilayah Indonesia maka keluarga besar SMPIT Ibnu Sina telah melakukan berbagai upaya pencegahan kepada siswa, orang tua maupun dewan guru.

Upaya tersebut dilakukan berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tertanggal 14 Maret 2020 yang telah disampaikan melalui media massa khususnya di televisi.

“Karena kami juga selalu mengamati kondisi yang terjadi di Indonesia sehingga JSIT menginstruksikan kepada seluruh Sekolah Islam Terpadu, baik melalui yayasan maupun kepala sekolah masing-masing untuk memberikan edukasi sedini mungkin terhadap siswa, guru dan orang tua terkait mewabahnya covid 19 ini,”jelas Alif kepada ARAFURA News Senin lalu.

Ia menjelaskan bahwa sejumlah hal penting ditekankan pada edukasi yang berjalan, antara lain mengenai gejala awal virus corona dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghindari virus tersebut. Edukasi yang diberikan diharapkan benar-benar dipahami sehingga tidak menimbulkan kepanikan yang terlalu berlebihan di kalangan guru, siswa dan orang tua siswa.

Selain itu pihak sekolah juga gencar mengkampanyekan secara digital tentang langkah pencegahan dengan cara mencuci tangan dan selalu berwudhu. Namun dalam hal ini, aktifitas berwudhu bukan berarti hanya saat mau sholat saja karena yang ditekankan adalah selalu menjaga kebersihan tubuh.

Selaku kepala sekolah ia meminta keluarga besar SMPIT Ibnu Sina untuk tetap tenang dan selalu waspada yang merupakan bagian dari ikhtiar guna menghadapi serangan virus berbahaya tersebut.

Selain edukasi, sekolah yang ia pimpin juga telah melakukan delapan tahapan yang melibatkan pihak orang tua, siswa dan guru secara serentak dan akan diperkuat lagi dengan surat edaran resmi dari SMPIT Ibnu Sina.

Adapun kedelapan tahapan tersebut adalah gerakan hidup bersih dan sehat, membiasakan anak untuk berwudhu dan mencuci tangan, mengkonsumsi makanan bergizi, penggunaan masker, membawa peralatan makanan sendiri, senantiasa berdoa kepada Allah SWT, membatasi aktifitas di luar rumah dan kerumunan orang, mengawasi anak agar tidak memasukkan jari ke dalam mulut serta mengurangi sentuhan fisik.

Artikel Terkait

Setelah Nihil 28 Hari, Kabupaten Jayawijaya Tambahan Satu Kasus Corona

Bams

Tindak Lanjuti Intruksi Bupati Waropen, Pabung Kodim 1709 YAWA Meninjau Pos Covid-19

Afrans

14 Kabupaten/Kota di Papua Sudah Terdampak Covid-19

Bams

8 Pasien Covid Dinyatakan Sembuh Dan Kembali Ke Keluarga

Fani

20 Pasien Sembuh, Tapi ada Tambahan 21 Kasus Positif

Bams

Wagub Lepas Relawan Covid-19 Papua

Bams

Wagub : Papua Belum Terapkan Kebijakan “New Normal”

Bams

Pemkot Jayapura Dukung Pelaksanaan New Normal

Fani

Penambahan 4 Kasus Covid-19 di Mimika, Total Keseluruhan 205 Kasus Terkonfirmasi

Fani