Pasific Pos.com
Headline Lintas Daerah

Cegah Abrasi, Babinsa Koramil Kokonai dan Warga Gotong Royong Bangun Pancangan

Babinsa Koramil Kokonao Mimika bersama masyarakat gotong royong bangun pancangan untuk mencegah abrasi

Timika – Pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut yang bersifat merusak. Kondisi ini biasanya disebuat oleh masyarakat sebagai erosi pantai atau Abrasi.

Banyak cara untuk mencegak Abrasi antara lain, menanam tanaman di sepanjang pantai atau pingggiran perairan, menjaga terumbu karang dan membangun penahan gelombang.

Inilah yang memotivasi Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) di wilayah Kab. Mimika untuk meningkatkan perannya dalam menjaga lingkungan.

Peran Apkowil yaitu Babinsa Koramil 1710-01/Kokonao dirasakan sangat bermanfaat di lingkungan masyarakat dan mendapat respon positif karena selama ini Babinsa selalu memberikan solusi saat ada permasalahan.

Salah satunya, Babinsa berkontribusi mencari solusi dan membantu dalam mencegah Abrasi atau erosi disekitar perairan.

Kali ini Babinsa Koramil 1710-01/Kuala Kencana dipimpin Serka Sunaga membantu sekaligus bergotong royong membuat Pancang Penahan Abrasi Lingkungan di Kp. Kokonao Distrik Mimika Barat Kab. Mimika, Kamis (5/05/2022).

Bersama warga setempat saling bahu membahu dan pembuatan pancang tersebut sebagai cermin kemanunggalan TNI bersama Rakyat.

“Gotong royong merupakan budaya nenek moyang kita yang harus kita jaga dan lestarikan, banyak hal positif yang bisa kita ambil dari gotong rotong dan paling utama pekerjaan kita akan terasa ringan,cepat serta sebagai sarana memupuk rasa kebersamaan, “ungkap Serka Sinaga.

“Warga sangat antusias, karena pembuatan pancangan ini sangat berguna mencegah Abrasi, sehingga kedepan diharapkan dapat meminimalisir terjadinya erosi,” tutupnya saat bersama warga.