Pasific Pos.com
Info Papua

BWS Papua Bangun Fasilitas Penggunaan Air Danau Sentani

 

JAYAPURA – Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua tengah membangun fasilitas penggunaan air Danau Sentani.

Kepala BWS Papua, Yulianus Manuel Mambrasar mengatakan, pihaknya tengah melakukan pembersihan lahan sebagai jalur distribusi air dari Danau Sentani yakni di perbatasan Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, di Waena.

“Sudah sekitar 10-15 persen pengerjaannya, tahun depan dilanjutkan pengerjaan intake, targetnya selesai dalam dua tahun, “jelas Yulianus, di Kota Jayapura, belum lama ini.

Dia menambahkan, BWS Papua hanya membangun kelengkapan di dalamnya, sedangkan yang akan melakukan perpiaan adalah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Sementara peneglolaannya akan dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Pihaknya berharap air Danau Sentani dapat digunakan pada tahun 2020 dalam kegiatan event nasional yakni PON ke XX.

Walau demikian, Yulianus mengungkapkan, air Danau Sentani hanya bersifat cadangan, tidak secara kontinyu digunakan lantaran Danau Sentani merupakan kawasan yang dilindungi.

Sementara itu, total anggaran yang dibutuhkan untuk membangun fasilitas penggunaan air Danau Sentani, kata Yulianus, sebesar Rp119 miliar. Tahun 2018 anggaran yang dibutuhkan Rp16 miliar.