Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Bupati Usman Beri Apresiasi Kepada Polres Tolikara

 

Karubaga, – Lalu Lintas LLAJ merupakan salah satu bagian penting yang menjadi urat nadi perekonomian suatu daerah bahkan negara, karena itu pemeliharaan Kamseltibcarlantas dipandang sangat urgen dalam menunjang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal itu disampaikan Bupati Tolikara, Usman G Wanimbo, SE. M. Si dalam sambutannya saat memimpin gelar pasukan operasi keselamatan Tahun 2018, yang dilaksanakan di halaman Polres Tolikara Kota Karubaga, Senin (5/3/18).

Apalagi lanjut Bupati Usman, keamanan juga keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas merupakan suatu cermin keberhasilan pembangunan peradaban modern.

Untuk itu lanjutnya, Polri pada umumnya dan Polres Tolikara bersama Pemerintah serta para pemangku kepentingan lainnya hendaknya bertanggung jawab meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap undang – undang berlalu lintas LLAJ No. 22. Tentang LLAJ 2009.

Menurutnya, operasi kepolisian di bidang lalu lintas untuk mewujudkan negara yang tertip dan berevolusi dari segi mental masyarakat dipandang penting karenanya operasi keselamatan tahun 2018 wajib kita tingkatkan.

“Data jumlah pelanggaran berlalu lintas awalnya cukup tinggi, namun setelah terbangunnya infrastruktur fisik dan infrastruktur sosial yang memadai belakangan ini, maka jumlah pelanggaran berlalu lintas sesuai dengan data Polres Tolikara dari tahun ke tahun sudah menurun, baik jumlah kecelakaan, tilang, dan teguran, ” paparnya.

Namun kata Usman Wanimbo, kita juga menyadari bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas itu, kita wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya untuk menciptakan pemerintahan yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas.

Apalagi tandas Bupati Usman, amanat Udang – undang No. 22 tahun 2009 menegaskan memelihara keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas.

“Untuk mengatasi berbagai permasalahan kompleks itu tidak bisa ditangani oleh Polantas sendiri saja melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan diberikan solusi yang bisa diterima oleh semua pihak, ” ujar Bupati Usman Wanimbo.

Bahkan kata Bupati Usman, kebijakan Nawacita Presiden RI Joko Widodo, yang dijabarkan dengan program prioritas Kapolri yakni Polri Profesional, modern dan terpercaya.

“Itu mengacu pada Nawacita Presiden RI Joko Widodo, ” ucapnya.

Untuk itu. Bupati Usman Wanimbo memberikan apresiasi tinggi kepada Polres Tolikara telah menjadi Polri yang profesional, modern, dan terpercaya dengan menurunnya angka kriminalitas berlalu lintas dan tingkat kesadaran masyarakat, akan pentingnya keselamatan sangat meningkat di seluruh Tolikara. (TIARA)