Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Bupati Tandatangani Surat Kesepakatan Hibah Dengan Ketua KNPI Tolikara

“Usman : Saya Berharap, PMI Tolikara Dapat Berperan Aktif”

 

Karubaga-Tolikara – Bupati Tolikara Usman G.Wanimbo, SE, M.Si atau disingkat UGW didampingi Asisten I Adi Wibowo, SH dan Asisten II Oktovianus Yeimo, SE menandatangani surat kesepakatan hibah dengan ketua Komisioner Komite Nasional Persatuan Indonesia (KNPI) Kabupaten Tolikara.

Penandatanganan surat hibah disaksikan oleh pihak pemerintah dan anggota kedua organisasi kepemudaan KNPI dan organisasi kemanusiaan sosial PMI.

Namun Bupati Usman G.Wanimbo berharap kedua organisasi ini berperan aktif sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang ada di dalam kedua organisasi ini.

Bahkan kata Bupati Usman, karena kedua organisasi ini mempunyai peran berbeda, dimana KNPI lebih banyak bergerak di bidang pembinaan juga kepemudaan dari tingkat Kabupaten hingga di distrik – distrik, sedangkan PMI bergerak di bidang kemanusiaan, sosial seperti bantuan pengobatan massal, serta membantu bencana alam, dan bantuan kemanusiaan lainnya.

Untuk itu tegas Bupati Usman, pemuda juga harus berperan sebagai agen perubahan di masyarakat.

“Pemuda selain membina kepemudaan, pemuda juga harus mampu memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan sosial dan ketimpangan ekonomi masyarakat yang ada di daerah, minimal di lingkungan dimana pemuda itu berada, ” ujarnya.

Apalagi kata Bupati Usman, di dalam jiwa pemuda memiliki potensi besar yang dapat di harapkan bisa memberikan perubahan besar, pemuda juga memiliki semangat yang sulit dipadamkan.

“Sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya, pemuda juga mampu memberikan perubahan. Karen hanya pemuda yang suka perubahan, yang akan meraih kesuksesan dan menjadi seorang pemuda yang tangguh dan bijaksana, ” tandasnya.

Menurut Bupati Usman, pemuda harus mampu memberikan solusi terhadap berbagai problem yang ada di masyarakat.

Selain itu juga lanjut Bupati, pemuda harus mampu menangani permasalahan di masyarakat juga tidak memihak kepada golongan atau suku.

“Pemuda harus memberikan kontribusi dalam setiap pembangunan, ” tandas Bupati Usman wanimbo.

Sedangkan untuk PMI Kabupaten Tolikara kata Bupati Usman, harus berperan aktif membantu pemerintah daerah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan sebangaimana yang ada sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga PMI itu sendiri.

“Karena tugas pokok PMI dibidang kemanusiaan diantaranya kesiap-siagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta pelayanan transfuse darah, ” kata Bupati.

Usai penandatanganan surat hibah yang disaksikan oleh pihak pemerintah dan anggota kedua dari Organisasi kepemudaan KNPI dan organisasi kemanusiaan organisasi PMI.

Namun Bupati Usman berharap, kedua organisai ini berperan aktif sesuai dengan anggaran dasar.

“Saya berharap, PMI Tolikara dapat berperan aktif dan focus pada kemanusiaan, lalu menjadi sukarelawan, serta harus berpegang teguh kenetralan, kesamaan, kemandirian, serta kesatuan” tutup Bupati Usman. (TIARA)