Pasific Pos.com
Papua Selatan

Bupati: Pemerintah Sambut Baik Pencanangan

MERAUKE,ARAFURA,-Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengemukakan bahwa pihak pemerintah menyambut baik pencanangan Tim Teknis Pengawasan Pemanfaatan Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Merauke sebab wilayah satu daerah cepat atau lambat pasti akan mengalami perubahan. Oleh sebab itu pola ruang, penempatan ruang dan tata ruang perlu mendapatkan pengaturan, pengawasan dan pembinaan yang baik. “Kita ingin mengatur agar wilayah Merauke dapat tertata dengan baik. Adapun tata ruang yang dimiliki daerah ini hingga 2037 dan setiap 5 tahun mengalami revisi dan perbaikan-perbaikan,”ujar bupati usai pencanangan Tim Teknis Pengawasan Pemanfaatan Ruang di auditorium Kantor Bupati Kamis lalu.

Lanjut bupati, ketika ingin menetapkan pola ruang, tata ruang dan lain sebagainya, perlu melihat stabilitas development dalam wilayah teritorial tersebut. Sebab kalau tidak bisa menata itu dengan baik maka ketika menetapkan zonasi-zonasi daerah, misalnya jalur hijau, daerah milik jalan, sepadan pagar, sepadan sungai dan lain-lain yang diberlakukan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di NKRI maka situasi yang akan dihadapi tentu tidak mudah. Oleh sebab itu diharapkan agar tim yang sudah ditugaskan untuk dapat melihat dengan baik kondisi di lapangan dan dalam bertindak tetap santun dan selalu mengedepankan kedamaian hati dalam bingkai izakod bekai izakod kai.

“Sosialisasi dapat dilakukan secara bersama-sama sehingga dipahami oleh masyarakat. Dinas teknis punya kewajiban untuk melakukan penataan ini dengan baik mengingat saat operasional di lapangan nanti akan langsung berhadapan dengan masyarakat,”jelasnya.