Pasific Pos.com
Papua Barat

Bupati Pegaf Minta OPD Genjot PAD

Anggi, TP – Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy, Pegunungan Arfak membutuhkan sumber pendapatan guna pembiayaan pembangunan diberbagai sektor dalam rangka meningkatkan perekononian masyarakat.

Bupati Yosias mengharapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait tahun ini bisa menghasilkan pendapatan Asli Daerah (PAD). “Pemerintah pusat akan melihat PAD Pegaf sejak lima tahun ini, sumber mana yang sudah memberikan PAD. Kita tidak bisa berharap seterusnya dari Dana Alokasi Umum maupun Dana Alokasi Khusus. Sudah banyak usaha-usaha kecil di Pegaf yang harusnya siap membayar pajak dan retribusi kepada daerah,” terang Bupati.

Bupati menjelaskan, pajak dan retribusi sangat penting untuk pembangunan di Kabupaten Pegunungan Arfak. “Banyak pelaku usaha kecil yang ada di Pegaf semua sudah siap bayar retribusi maupun pajak.

Selama ini mereka bingung mau bayar retribusi dimana. Untuk itu, saya minta semua OPD terkait tahun ini harus bisa mulai memungut retribusi dan pajak, karena kita sudah punya Perda Pajak dan Retribusi yang telah disahkah oleh DPRD Pegaf tahun lalu,” ujarnya, seraya mengatakan bahwa banyak warga asli Pegaf yang hendak mengurus ijin usahanya.

Menurut Bupati, banyak potensi daerah yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan PAD, hanya saja selama ini Pemda belum siap untuk menarik retribusi dan pajak. Ini sebagai catatan, agar potensi yang ada ini bisa dimanfaatkan untuk membangun daerah.[PGF-R3]