Pasific Pos.com
Lintas Daerah

Bupati Pastikan Situasi di Asmat Sudah Kondusif

Jayapura – Bupati Kabupaten Asmat Elysa Kambu memastikan, situasi di Kota Agats sudah aman dan kondusif.

“Kondisi Agats, Ibu kota Kabupaten Asmat, Papua saat ini sudah berangsur kondusif pasca aksi pengrusakan kantor Bupati dan kantor Komisi Pemilihan Umum serta beberapa fasilitas lainnya,”kata Bupati Elysa Kambu kepada pers di Jayapura, Kamis, 4 Maret 2020.

Bupati Kambu menyatakan, dirinya sudah berkoordinasi dengan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk segera turun melakukan rekonsiliasi agar aksi-aksi yang dapat merugikan pemerintah dan masyarakat tidak terulang kembali.

“Saya pastikan besok (Jumat-red) aktivitas pelayanan kepada masyarakat sudah mulai kembali normal. Hari Sabtu saya dan pak wakil sudah tiba di Asmat untuk bertemu dengan semua stakeholder,” ungkapnya.

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat di Asmat, untuk tidak terpancing dan provokasi dengan ajakan-ajakan oleh oknum tertentu yang tujuan ingin mengganggu stabilitas keamanan.

“Saya imbau masyarakat menahan diri, sebab pembangunan tidak akan berjalan jika keamanan tidak kondusif. Pemilu sudah selesai, kini saatnya kita semua bergandengan tangan untuk membangun tanah lumpur (Asmat) yang maju, sejahtera dan bermartabat,” ajaknya.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Asmat, tidak boleh lagi mengkotak-kotakan kelompok ini itu, tapi harus bersatu. “Semua impian akan terwujud apabila semua pihak bersatu,” tuturnya.

Diketahui, pasca pelantikan bupati dan wakil bupati Asmat di Jayapura, Rabu siang, massa dari salah satu paslon bupati melakukan aksi dengan merusak kantor bupati, rumah dinas, hingga kantor KPU.

Bahkan massa juga merusak aula yang berada di depan kantor bupati. Massa juga merusak sebagian rumah warga, pertokoan, termasuk salah satu hotel di Kota Agats. Perusakan Rumah dan Kantor Bupati Asmat, Hotel, hingga Kantor KPU, 11 Orang Ditangkap.

Kapolres Asmat AKBP Dhani Gumilar membenarkan kejadian tersebut. Namun ia mengatakan situasi di Asmat sudah dikendalikan. Untuk mengantisipasi aksi susulan, Dhani mengatakan jika polisi dan TNI terus melakukan patroli di Kota Agats.

Kapolres mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Asmat untuk tetap tenang dan tidak mudah terhasut oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan situasi untuk mengganggu stabilitas keamanan.

“Mari kita jaga keamanan bersama dan jangan mudah terhasut oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ucapnya.

Artikel Terkait

Giliran Remaja Putri Asmat Dilatih Buat Kancing Baju

Arafura News

Dukung Penghasilan Warga, ‘Mama-Mama Asmat Dibuatkan Rekening Tabungan’

Arafura News

Polda Akan Kirimkan Dua SST Brimob ke Asmat Pasca Pengrusakan Kantor Bawaslu

Ridwan

Kantor Bawaslu Asmat Dirusak Pendukung Cabup Yulianus Aituru

Ridwan

Bupati Asmat Imbau Warga Tertib Pakai Masker dan Cuci Tangan

Fani

Bupati Elisa Minta Kapal Penumpang Tidak Sandar Di Asmat

Fani