Pasific Pos.com
Papua Barat

Bupati Minta, Gedung Pemerintahan Bercirikan Budaya Daerah

Ransiki, TP – Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, ST meminta seluruh pembangunan yang dibangun di Manokwari Selatan memperlihatkan ciri khas Mansel.

Permintaan ini disampaikan Markus Waran dalam sebuah kegiatan di ruang rapat Kantor Bupati Mansel belum lama ini. “Permintaan ini disampaikan agar ciri khas kabupaten Mansel terlihat. Karena budaya kita harus dilestarikan dan dipertahankan,” tegasnya.

Dikatakan Bupati, pembangunan perumahan dan gedung pemerintahan seharusnya disesuaikan dengan kearifan lokal. “Meski dibangun dengan desain yang modern namun juga dipadukan dengan arsitektur lokal. Sehingga cirikhas daerah tetap terlihat disetiap gedung pemerintahan. Yah, bisa mencirikan Manokwari Raya ini,” tukas Waran.

Apabila cirri khas daerah telah diperlihatkan dalam setiap gedung pemerintahan, kata Waran, saat pemeriksaan atau audit tidak ada persoalan dan tidak mubazir.

Selain memperlihatkan cirri khas daerah, Bupati juga meminta agar setiap pembangunan memperlihatkan tekstur tanahnya. Sebab, Mansel termasuk daerah yang berada di daerah patahan sehingga sering terjadi gempa.

“Beberapa bangunan di Manokwari Raya saat ini arsitekturnya menunjukan beberapa ornamen-ornamen dari wilayah lain sehingga cirri khas daerah sendiri malah hilang. Khusus Mansel apabila ada konstruksi model atap dibuat seperti itu kita coret. Jadi, kedepan gedung-gedung khusus harus utamakan arsitektur lokal seperti kaki seribu ini,” kata Waran.[CR35-R3]