Pasific Pos.com
Papua Barat

Bupati Melantik 170 Pejabat Struktural

Manokwari, TP – Bupati Manokwari, Demas P Mandacan melantik 170 pejabat structural di lingkungan Pemkab Manokwari di Sasana Karya Kantor Bupati di Sowi Gunung, Selasa (13/2). Pejabat itu diantaranya administrator eselon III dan pejabat pengawas eselon IV yang baru.

Diantaranya, pejabat eselon IIIa sebanyak 9 orang, eselon IIIb 21 orang, pejabat eselon IVa sebanyak 109 orang dan pejabat structural golongan IVb sebanyak 31 orang.

Pelantikan ini juga sebagai salah satu upaya dalam menciptakan pelayanan yang prima dan bebas pungutan liar (pungli) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari.

Pelantikan ke 170 pejabat ini ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji jabatan . Pelantikan ini merupakan kali ketiga dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja pegawai eselon di lingkup Pemkab Manokwari.

“Saya sampaikan bahwa meski sudah dilantik, tetap akan dilakukan evaluasi kinerja. Bagi yang hari ini dilantik adalah anugerah dari Tuhan. Jadi, harus tunjukan kinerja yang baik,” kata Mandacan.

Mandacan menerangkan, untuk menilai kinerja para pejabat yang telah diberikan kepercayaan tidak hanya dilakukan olehnya, namun juga akan melibatkan masyarakat.

“Saya dengan pak wakil akan menerima laporan masyarakat atas apa yang anda kerjakan, apa yang anda lakukan,” kata Bupati Mandacan.

Bupati Mandacan berharap, semua pejabat yang baru dilantik dapat meningkatkan etos kerja guna dapat memberikan pelayanan dan pembangunan yang terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Manokwari.

Khusus kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Distrik dan Lurah, Bupati Mandacan mengingatkan pejabat baru yang bertugas agar menjalankan tugas dengan baik dan tidak melakukan praktek pungutan liar (pungli).

“Yang menyangkut pelayanan publik. Saya minta jangan sampai ada laporan pungutan. Kalau ada pungutan, satu detik langsung saya ganti. Saya jamin itu,” tegas Mandacan seraya menekankan bahwa Ia tidak akan toleransi dengan ASN yang melakukan praktek pungli.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Manokwari, A. Renyaan mengatakan, penempatan 170 pejabat eselon III dan IV merupakan petunjuk Bupati Manokwari Demas P. Mandacan, sehingga pihaknya tinggal menyiapkannya.

Pantauan Tabura Pos, pelantikan jilid 3 ini turut dihadiri Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo, Sekda Manokwari F. M. Lalenoh dan Forkompida serta pejabat yang dilantik.[SDR-R3]