Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Bupati Mathius Jadi Irup Hut Basarnas ke-46

SENTANI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ke-46 tahun 2018, Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jayapura menggelar Upacara HUT Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan ke-46, bertempat di Halaman Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Jayapura, Hawaii-Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (28/2/18).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Bupati jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, dimana kegiatan itu dihadiri Kepala Kantor Basarna, Melkianus Kotta, jajaran pengurus Basarnas dan sejumlah instansi terkait.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengaharapkan kepada pihak Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan agar mampu dan selalu hadir untuk memberikan rasa aman kepada segenap komponen bangsa yang melakukan berbagai aktivitas di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lanjut Mathius, adanya jaminan ketika terjadi kecelakaan, bencana atau kondisi membahayakan manusia maka Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan akan selalu hadir untuk melakukan pencarian, pertolongan, penyelamatan serta mengevakuasi korban manusia pada setiap saat, setiap waktu dan pada setiap tempat.

“Jadi, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dituntut untuk mampu beradaptasi dan harus terus berinovasi melalui berbagai perubahan pola kerja dan pola tindak yang lebih efektif dan lebih efisien dengan memanfaatkan berbagai kemajuan ilmu dan teknologi. Juga harus meninggalkan pola kerja yang lama menuju pola kerja yang baru, sehingga kedepan pelayanan dari Basarnas harus menjadi semakin lebih baik, lebih cepat dan tepat,” ujarnya.

“Serta memenuhi harapan masyarakat, khususnya dalam mengevakuasi dan menyelamatkan korban kecelakaan, bencana dan kondisi membahayakan jiwa manusia,” sambungnya.

Dirinya juga menambahkan, perlu adanya peningkatan dan pengembangan profesionalitas dari masing-masing jajaran Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan secara terus menerus sesuai dengan tuntutan kompetensi bidang tugasnya melalui berbagai pendidikan dan pelatihan, kursus-kursus atau bentuk lainnya, baik di bidang aspek teknis operasional maupun bidang manajerial yang mampu menunjang profesionalisme dan kompetensi SDM Basarnas untuk kebutuhan internal maupun masyarakat.

“Untuk itu, saya meminta perhatian kepada seluruh jajaran Bada Nasional Pencarian dan Pertolongan untuk senantiasa mendisiplinkan diri, bekerja lebih tekun, terus meningkatkan kualitas diri sesuai dengan bidang tugas masing-masing dengan dilandasi semangat pengabdian tanpa ada rasa pamrih apapun juga,” pinta Bupati Mathius diakhir sambutannya.

Untuk diketahui dalam rangka memperingati HUT ke-46 Badan Nasional Pencarian dan Perolongan, Basarnas Jayapura telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya anjangsana ke Panti Asuhan Laskar Kristus Kerto Sari, Pantia Asuhan Komba serta mengadakan berbagai perlombaan dan ziara ke Taman Makam Pahlawan Marthen Indey.