Pasific Pos.com
Papua Selatan

Bupati Mappi : Mengontrak Guru Tidak Selesaikan Masalah

 

MERAUKE,ARAFURA,- Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu, mengakui mengontrak tenaga guru yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah sesungguhnya tidak menyelesaikan masalah. Mengontrak tenaga guru itu hanya ibarat mengobati sakit, tetapi tidak menyembuhkan penyakit.

“Kalau untuk guru, langkah pertama yang kita lakukan di APBD perubahan di awal saya masuk itu kami mengontrak tenaga guru. Walaupun saya sangat menyadari, kita mengontrak guru itu tidak menyelesaikan masalah,”ungkapnya kepada wartawan di LPP RRI Merauke, Selasa (6/2).

Karena itu, tahun ini pemerintah daerah akan mengirim anak-anak Mappi untuk menjadi guru dan itu telah dibicarakan dengan beberapa perguruan tinggi. Di lokal Merauke, pemerintah daerah sudah berbicara dengan KPG Khas Papua Merauke dan akan membicarakan lebih lanjut dengan Universitas Musamus. Sedangkan untuk keluar, diharapkan bisa di Jogya.

“Sekarang kita kontrak (tenaga guru) mengurangi masalah di wilayah dua distrik, Venaha dan Yakomi. Tahun ini diharapkan bisa ada tambahan 200 guru kontrak dan akan disebar ke distrik-distrik. Tetapi itu hanya mengurangi masalah,”ujarnya.

Lanjut Bupati, penyelesaian masalah adalah nanti ketika anak-anak Mappi selesai kuliah dan kembali untuk menetap di Mappi. “Mereka punya tanggungjawab besar, karena mereka pasti anak-anak dari kampung, sehingga kami harap tetap ada di kampung,”tukasnya.

Ditambahkan Bupati, dalam waktu dekat semua guru akan dikumpulkan dengan zonasi. Kemudian, diundang para pakar dan semua pihak yang peduli dengan pendidikan. Lewat pertemuan itu, pemerintah ingin mendengarkan apa yang menjadi permasalahan para mereka. Kemudian, coba dicarikan solusi setelah diinventarisir permasalahan yang ada.

“Undang semua pihak, undang pakar untuk bisa merumuskan dalam rangka menyelesaikan masalah di Mappi, mulai dari infrastruktur, prasarana pendukung, sarana transportasi sampai hak-hak para guru, tempat tinggal dan bagaimana dinas,”terangnya.