Pasific Pos.com
Papua Barat

Bupati lantik 20 anggota Bamuskam Distrik Manbar

Manokwari, TP – Bupati Manokwari Demas P. Mandacan melantik 20 anggota badan permusyawarahan kampung (Bamuskam) Distrik Manokwari Barat, Kamis (1/3). Bupati menegaskan, jabatan Basmukan, merupakan jabatan penting dalam sebuah pemerintahan kampung yang mana tugasnya adalah melakukan pengawasan terhadap pembangunan di kampungnya masing-masing layaknya DPR.

“Saya berharap, anggota Bamuskam mampu berperan sebagai wadah penampung, penyaring dan penyalur berbagai aspirasi masyarakat di wilayah kampung dalam rangka memenuhi berbagai aspek kebutuhan hidup sebagai upaya mewujudkan peningkatan kapasitas management organisasi yang dinamis, efektif dan efisien,” harap Mandacan.

Dijelaskan Mandacan, Bamuskam merupakan representasi dari seluruh masyarakat kampung yang dikelompokkan mewakili aspirasi masyarakat. Oleh karena itu Bamuskam harus melaksanakan fungsi bersama perangkat kampung dalam memberikan masukan prioritas pembangunan kampung.

“Bamuskam harus menjalin komunikasi yang baik dengan semua perangkat kampung dan semua elemen masyarakat, serta mengoptimalkan pemberdayaan lembaga kemasyarakatan kampung dan juga dengan kerukunan masyarakat kampung,” kata Mandacan.

Bukan hanya itu, Bupati Mandacan juga berharap agar Bamuskam dapat mengontrol penggunaan dana desa di tempatnya masing-masing. [SDR-R3]